TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag. ID - digilib53678 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53678/ A1 - Finy Fitriani, NIM.: 20204081022 Y1 - 2022/05/30/ N2 - Kecerdasan linguistik dan rasa percaya diri pada siswa sekolah dasar perlu dilatih dan dikembangkan, salah satunya melalui kegiatan mu???arah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan mu???arah dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah Ponorogo; 2) mendeskripsikan peran kegiatan mu???arah dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah Ponorogo; 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan mu???arah dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan juga angket sebagai data pendukung penelitian. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan pada tahap terakhir ialah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mu???arah yang dilaksanakan dua kali dalam sebulan oleh siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah berperan penting dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence (percaya diri) siswa. Dalam kegiatan tersebut kemampuan berbahasa siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah sebagian kecil sudah terlihat bagus, namun masih banyak pula yang belum. Sedangkan sikap percaya diri mereka dalam kegiatan mu???arah keseluruhan sudah tergolong bagus. Hal ini dibuktikan pula dengan perolehan hasil angket sebagai data pendukung mengenai percaya diri siswa kelas V pada kegiatan mu???arah sebesar 72,37% berada pada ketegori baik. Namun kegiatan mu???arah yang dilaksanakan siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat kegiatan. Adapun faktor pendukung antara lain: 1) pembimbing mu???arah ust??/ust??ah dan santri kelas V KMI; 2) Miliu pondok modern yang berbahasa Indonesia; 3) Pembelajaran di dalam kelas sudah ada pelajaran ?ad??, xiv Ma?fu?ot, Tafsir yang dapat mendukung dalam penyampaian ayat dalam teks pidato; 4) Contoh-contoh berpidato dari kakak kelas maupun pembimbing yang didapatkan secara continue. Sedangkan faktor penghambatnya ialah: 1) Tidak muncul jiwa kompetisi, dan 2) Pembimbing mu???arah yang berganti-ganti di setiap tahunnya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Mu???arah KW - Kecerdasan Linguistik KW - Self Confidence (Percaya Diri) M1 - masters TI - PERAN KEGIATAN MU???ARAH DALAM MELATIH KECERDASAN LINGUISTIK DAN SELF CONFIDENCE DI SD ISLAM PONDOK MODERN AR-RISALAH PONOROGO AV - restricted EP - 198 ER -