eprintid: 53678 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/36/78 datestamp: 2022-09-30 02:54:39 lastmod: 2022-09-30 02:54:39 status_changed: 2022-09-30 02:54:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Finy Fitriani, NIM.: 20204081022 title: PERAN KEGIATAN MUḤĀḌARAH DALAM MELATIH KECERDASAN LINGUISTIK DAN SELF CONFIDENCE DI SD ISLAM PONDOK MODERN AR-RISALAH PONOROGO ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Muḥāḍarah, Kecerdasan Linguistik, Self Confidence (Percaya Diri) note: Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag. abstract: Kecerdasan linguistik dan rasa percaya diri pada siswa sekolah dasar perlu dilatih dan dikembangkan, salah satunya melalui kegiatan muḥāḍarah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan muḥāḍarah dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah Ponorogo; 2) mendeskripsikan peran kegiatan muḥāḍarah dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah Ponorogo; 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan muḥāḍarah dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan juga angket sebagai data pendukung penelitian. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan pada tahap terakhir ialah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muḥāḍarah yang dilaksanakan dua kali dalam sebulan oleh siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah berperan penting dalam melatih kecerdasan linguistik dan self confidence (percaya diri) siswa. Dalam kegiatan tersebut kemampuan berbahasa siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah sebagian kecil sudah terlihat bagus, namun masih banyak pula yang belum. Sedangkan sikap percaya diri mereka dalam kegiatan muḥāḍarah keseluruhan sudah tergolong bagus. Hal ini dibuktikan pula dengan perolehan hasil angket sebagai data pendukung mengenai percaya diri siswa kelas V pada kegiatan muḥāḍarah sebesar 72,37% berada pada ketegori baik. Namun kegiatan muḥāḍarah yang dilaksanakan siswa kelas V SD Islam pondok modern Ar-Risalah terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat kegiatan. Adapun faktor pendukung antara lain: 1) pembimbing muḥāḍarah ustāẓ/ustāẓah dan santri kelas V KMI; 2) Miliu pondok modern yang berbahasa Indonesia; 3) Pembelajaran di dalam kelas sudah ada pelajaran Ḥadīṣ, xiv Maḥfuẓot, Tafsir yang dapat mendukung dalam penyampaian ayat dalam teks pidato; 4) Contoh-contoh berpidato dari kakak kelas maupun pembimbing yang didapatkan secara continue. Sedangkan faktor penghambatnya ialah: 1) Tidak muncul jiwa kompetisi, dan 2) Pembimbing muḥāḍarah yang berganti-ganti di setiap tahunnya. date: 2022-05-30 date_type: published pages: 198 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Finy Fitriani, NIM.: 20204081022 (2022) PERAN KEGIATAN MUḤĀḌARAH DALAM MELATIH KECERDASAN LINGUISTIK DAN SELF CONFIDENCE DI SD ISLAM PONDOK MODERN AR-RISALAH PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53678/1/20204081022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53678/2/20204081022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf