eprintid: 53680 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/36/80 datestamp: 2022-09-30 03:06:54 lastmod: 2022-09-30 03:06:54 status_changed: 2022-09-30 03:06:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Agus Dwi Prasojo, NIM.: 20204081028 title: ANALISIS PENILAIAN DIRI DAN PENGAPLIKASIAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI AL-JAUHAROTUN NAQIYYAH ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: TPACK, Pembelajaran IPS, MI Al-Jauharotun Naqiyyah. note: Pembimbing : Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui, dan menganalisis kemampuan pengaplikasian keterampilan TPACK Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Al-Jauharotun Naqiyyah Bandar Lampung. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apa hakikat konsep technological pedagogical and content knowledge (TPACK) pada proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MI Al-Jauharotun Naqiyyah, (2) bagaimana pengaplikasian technological pedagogical and content knowledge (TPACK) pada proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah ini, dan (3) apa kemudahan dan kendala pada penggunaan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) dalam proses tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-analisis-kualitatif bertujuan untuk menggambarkan keterampilan TPACK pada mata pelajaran IPS di MI Al- Jauharotun Naqiyyah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data primer berasal dari pendidik; data sekunder berasal dari studi dokumen dan sumber buku serta jurnal. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis kemampuan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) pembelajaran IPS di MI Al- Jauharotun Naqiyyah di Bandar Lampung, dan melalui observasi, kuesioner, wawancara, serta dokumentasi maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pendidik IPS civitas akademika di MI Al-Jauharotun Naqiyyah di Kota Bandar Lampung dalam mengaplikasikan kemampuan technological pedagogical and content knowledge berada pada kategori „baik‟. date: 2022-08-11 date_type: published pages: 168 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Agus Dwi Prasojo, NIM.: 20204081028 (2022) ANALISIS PENILAIAN DIRI DAN PENGAPLIKASIAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI AL-JAUHAROTUN NAQIYYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53680/1/20204081028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53680/2/20204081028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf