eprintid: 53682 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/36/82 datestamp: 2022-09-30 03:11:03 lastmod: 2022-09-30 03:11:03 status_changed: 2022-09-30 03:11:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Nila, NIM.: 2020408103 title: PENGARUH KERJASAMA DAN BENTUK KOMUNIKASI GURU DENGAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK AUTIS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Kerjasama, bentuk komunuikasi guru dengan orang tua, kecerdasan interpersonal, anak autis note: Pembimbing : Dr.Andi Prastowo, S.Pd.I.,M.Pd.I. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan (1) pengaruh kerjasama guru dengan orang tua terhadap kecerdasan interpersonal anak autis,(2) seberapa besar pengaruh kerjasama guru dengan orang tua terhadap kecerdasan interpersonal anak autis,3) pengaruh bentuk komunikasi guru dengan orang tua terhadap kecerdasan interpersonal anak autis 4) seberapa besar pengaruh bentuk komunikasi guru dengan orang tua terhadap kecerdasan interpersonal anak autis,(3) pengaruh kerjasama dan bentuk komunikasi guru dengan orang tua secara bersama-sama terhadap kecerdasan interpersonal anak autis,6) seberapa besar pengaruh kerjasama dan bentuk komunikasi guru dengan orang tua secara bersama-sama terhadap kecerdasan interpersonal anak autis di sekolah dasar luar biasa (SDLB) kota Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar luar biasa (SDLB) kota Yogyakarta berjumlah 32 orang dan 9 jumlah siswa autis. Pengumpulan data diperoleh dengan angket, uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat yang digunakan yakni uii normalitas, multikolineritas, heteroskedesitas, dan uji autokorelasi. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial (uji t), uji hipotesis simultan (uji F) dan determinasi square Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh kerjasama guru dengan orang tua terhadap kecerdasan interpersonal anak autis di sekolah dasar luar biasa (SDLB) kota Yogyakarta. Hal ini karena nilai thitung sebesar -0,661 < ttabel 2,045 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,514> 0,05. (2) Terdapat pengaruh bentuk komunikasi guru dengan orang tua terhadap kecerdasan interpersonal anak autis di sekolah dasar luar biasa (SDLB) kota Yogyakarta. Hal ini karena nilai thitung sebesar 2,070> ttabel 2,045 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,047 < 0,05 .(3) Kerjasama guru dengan orang tua dan bentuk komunikasi guru dengan orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan interpersonal anak autis di sekolah dasar luar biasa (SDLB) kota Yogyakarta.Hal ini karena nilai Fhitung 21,690 > Ftabel 3,33 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. date: 2022-08-16 date_type: published pages: 156 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Nila, NIM.: 2020408103 (2022) PENGARUH KERJASAMA DAN BENTUK KOMUNIKASI GURU DENGAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK AUTIS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53682/1/20204081031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53682/2/20204081031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf