%A NM.: 20204081032 Lathifah Abdiyah %O Pembimbing : Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M. Pd. %T PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI EKOSISTEM %X Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan media magic box berbasis keterampilan sains proses dalam materi ekosistem, (2) menganalisis kelayakan media magic box berbasis keterampilan sains proses dalam materi ekosistem, dan (3) menganalisis keefektifan penggunaan media magic box berbasis keterampilan sains proses dalam materi ekosistem. Penelitian ini menerapkan model pengembangan Borg and Gall dengan sepuluh tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian dan pengembangan. Pertama, Research and Information Collection; Kedua, Planning; peneliti melakukan perencanaan. Ketiga, Develop Preliminary Form a Product; peneliti mulai membuat media magic box berbasis keterampilan proses sains. Media ini terdiri dari beberapa bagian, di antaranya: box media, buku panduan, dan beberapa permainan. Keempat, Preliminary Field Testing; peneliti melakukan validasi media. Kelima, Main Product Revision; peneliti melakukan perbaikan produk. Keenam, Main Field Testing; uji coba lapangan kelompok kecil. Ketujuh, Operational Product Revision; peneliti melakukan perbaikan produk. Kedelapan, Operational Field Testing; uji coba kelompok besar. Kesembilan, Final Product Revision; peneliti melakukan perbaikan produk. Kesepuluh, Dissemination and Implementation; media pembelajaran berbasis keterampilan proses sains digunakan dalam proses pembelajaran pada materi ekosistem kelas V di MI BAIPAS Malang. Penelitian ini mendapatkan hasil (1) Pengembangan media pembelajaran yang telah dibuat berbentuk media pembelajaran berbasis keterampilan proses sains pada setiap pemainannya. Media ini terdiri dari beberapa bagian, di antaranya: box media, buku panduan, dan beberapa permainan. (2) Media magic box berbasis keterampilan proses yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang tinggi. Berdasarkan pada ahli materi mendapatkan nilai persentase sebesar 96%. Pada validasi ahli media mendapatkan persentase nilai sebesar 94%. Pada validasi praktisi atau guru mendapatkan nilai persentase sebesar 92%. Adapun hasil uji coba kelompok kecil medapatkan persentase nilai sebesar 98,3% sedangkan, pada uji coba kelompok besar mendapatkan persentase nilai sebesar 97, 6%. Maka dari analisis hasil semua validasi tersebut, media yang dikembangkan mendapatkan hasil validitas yang tinggi dan valid atau sangat layak untuk diimplementasikan di kelas dalam proses pembelajaran. (3) Media magic box berbasis keterampilan proses ini memiliki nilai keefektifan yang tinggi, hal ini dilihat dari hasil uji paired sample t-test dengan nilai signifikasi sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 dengan nilai ∝= 0,05 yang berarti sig. (2-tailed) = 0,000 < ∝ = 0,05 maka H0 ditolak dan H1diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara data pre-test dan post-test penggunaan media magic box x berbasis keterampilan proses sains. Maka media magic box berbasis keterampilan proses sains memiliki keefektifan yang tinggi dalam implementasinya. %K Pengembangan Media, Magic Box, dan Keterampilan Proses Sains %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib53683