eprintid: 53684 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/36/84 datestamp: 2022-09-30 03:35:06 lastmod: 2022-09-30 03:35:06 status_changed: 2022-09-30 03:35:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Firdian, NIM.: 20204081033 title: STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Strategi Guru, Ketermapilan Menyimak Intensif, Pembelajaran Tematik note: Pembimbing : Dr. H. Sedya Santosa, SS. M.Pd, abstract: Keterampilan menyimak peserta didik dalam pembelajaran mengalami hambatan. Hal ini disebabkan peserta didik kurang fokus dan kurang minat belajar. Oleh karena itu, guru memerlukan strategi dalam meningkatkan keterampilan menyimak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan keterampilan menyimak intensif peserta didik, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam peningkatan keterampilan menyimak intensif peserta didik dan untuk mengetahui dampak dalam meningkatkan keterampilan menyimak intensif peserta didik. Jenis penelitian yang bersifat kualitaif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Narasumber untuk pengumpulan data adalah wali kelas, waka kurikulum, kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Uji keabasahan data menggunakan triangulasi yaitu sumber, teknik dan waktu Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama strategi guru dalam meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik ialah strategi yang berpusat pada peserta didik, strategi yang berpusat pada pengajaran, strategi pembelajaran berpusat pada materi pembelajaran. Kedua faktor-faktor yang mempengaruhi dalam peningkatan keterampilan menyimak peserta didik yakni faktor fisik, faktor lingkungan, faktor peranan, faktor psikologi, faktor sikap, motivasi. Sedangkan dampak strategi guru dalam meningkatkan keterampilan menyimak intensif peserta didik yakni munculnya sikap percaya diri dan peserta didik lebih berpikir kritis. date: 2022-07-06 date_type: published pages: 164 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Firdian, NIM.: 20204081033 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53684/1/20204081033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53684/2/20204081033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf