TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Hj. Mikhriani, MM, ID - digilib53733 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53733/ A1 - Budiyanto, NIP. 01210681 Y1 - 2005/// N2 - Tarbawi menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada khalayak (masyarakat) melalui suatu media yaitu majalah Tarbawi itu sendiri, sesuai dengan fungsi media yaitu mendidik, menyampaikan informasi dan mempengaruhi, · majalah Tarbawi sebagai media dakwah sangat efektif sehingga dakwah yang diemban oleh Tarbawi bisa sampai kepada khalayak. Tarbawi sebagai komunikator dalam istilah komunikasi dan da'I dalam istilah Dakwah, berupaya untuk bisa menyampaikan pesan-pesan kepada khalayak. Dalam penyampaian pesannya Tarbawi memiliki suatu konsep agar pesan dakwahnya bisa diterima oleh pembaca yaitu dari segi tulisan, Stile tulisan yang digunakan oleh Tarbawi dalam majalah Tarbawi yaitu tulisan yang harus memiliki ruh sehingga bisa menggugah hati para pembaca, Tulisan yang mengandung ruh seperti kata "kita" dan "saudara" dari kata-kata ini Tarbawi mencoba untuk menyentuh hati para pembaca. Kata "kita" berarti Tarbawi tidak sendiri tapi dengan pembaca, dan kata "saudara" berarti pembaca adalah saudara dari Tarbawi itu sendiri. Konsep yang digunakan oleh Tarbawi juga dalam seg1 pengayaan pesan, sehingga pesan-pesan yang disuguhkan pada khalayak bisa menarik dan aktual. Dalam memilih pesan agar menarik dan bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan khalayak. Tarbawi dalam memilih pesan yaitu memilih pesan yang berkenaan dengan hal-hal yang baru dan aktual biasanya yang berkenaan dengan kehidupan manusia setiap hari, disini Tarbawi melakukan strategi enrichment (pengayaan ide dan gagasan). Tulisan-tulisan yang dimuat oleh Tarbawi yaitu "penggugah jiwa" yang menyentuh kadang memotivasi dan menyadarkan diri akan makna dan hakikat hidup sebagai hamba Allah seperti rubrik Rohaniyat, Jaulat, Dirosat dan Ufuqiyat. Dari dari segi isi majalah Tarbawi akan terns menerus reievan dengan kehidupan yang ada saat ini. Dan juga dari segi format majalah yang mungil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan khalayak (masyarakat) maka Tarbawi menyediakan suatu rubrik yaitu Rubrik Barqiyat. Fungsi dari rubrik Barqiyat ini yaitu pembaca bisa melakukan sanggahan atau saran dan kritik pada Tarbawi dalam pesan-pesan yang disampaikan pada pembaca. Maka dari Rubrik inilah Tarbawi tahu apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pembaca. Model Bovee dan Thill memiliki suatu konsep yang hampir sama dengan konsep Tarbawi, adapun realisanya Tarbawi disini sebagai komunikator menyampaikan pesan-pesannya kepada khalayak melalui media yaitu majalah Tarbawi dan ketika pesan dibaca oleh khalayak maka ada lfmpan balik dari pembaca yaitu berupa kritik dan saran yaitu rubrik Barqiyat (surat pembaca). Rubrik Barqiyat ini sangat efektif sekali dalam mendukung kemajuan Tarbawi sendiri karena dengan rubrik ini Tarbawi bisa mengetahui apa kebutuhan dan keinginan pembaca. Sehingga pesan dakwah yang diemban oleh Tarbawi bisa mudah diterima oleh pembaca. Tarbawi dalam mengangkat suatu masalah lebih banyak mengangkat tentang kehidupan sehari-hari yang terjadi dimasyarakat, baik dari segi agama, budaya dan sosial. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Dakwah Bil Qolam KW - Majalah Tarbawi KW - Model Komunikasi Bovee Dan Thill M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI KONSEP DAKWAH BIL QALAM MAJALAH T ARBA WI ( DITINJAU DARI MODEL KOMUNIKASI BOVEE DAN THILL) AV - restricted EP - 138 ER -