TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom ID - digilib53760 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53760/ A1 - Farha Ramadhan, S.Kom, NIM.: 19206050004 Y1 - 2022/// N2 - Dengan adanya perubahan cara interaksi dari luring menjadi daring akibat pandemi menyebabkan pesatnya perkembangan teknologi yang dapat mendukung komunikasi secara daring. Di dalam dunia pendidikan dikenal e-learning, yaitu model pembelajaran secara mandiri dan jarak jauh menggunakan internet. Salah satu perangkat yang digunakan untuk membantu proses e-learning adalah Learning Management System (LMS). Dengan adanya pandemi covid19 penggunaan LMS menjadi meningkat terutama di lingkungan pendidikan dimana dalam penelitian ini konteks lingkungan pendidikan adalah perguruan tinggi. Dosen mengunggah materi ? materi kuliah kedalam LMS, dan selanjutnya mahasiswa dapat mengakses materi di dalam LMS secara mandiri. Jika berbicara mengenai suatu sistem aplikasi perangkat lunak maka tidak lepas dengan usability yaitu mengenai pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu sistem, apakah pengguna dapat mengoperasikan sistem dengan mudah. Model yang digunakan dalam penelitian untuk menguji usability adalah 10 usability heuristics. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan tingkat usabilitas LMS berdasarkan latar belakang pengguna, yaitu asal kampus, gender, angkatan, dan frekuensi penggunaan menggunakan analisis deskriptif PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - E-learning KW - LMS KW - Usability KW - Usability Heuristics M1 - masters TI - PERBEDAAN TINGKAT USABILITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENGGUNA AV - restricted EP - 94 ER -