@mastersthesis{digilib53781, month = {July}, title = {MATERI PEMBELAJARAN ISTIMA? \& KALAM DALAM BUKU TA?LIM AL-LUGHAH AL-?ARABIYYAH SMP MUHAMMADIYAH KELAS VIII (ANALISIS MATERI PERSPEKTIF MAHM{\=U}D KAMIL AN-N{\=A}QAH)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18204020014 Aulia Lina Nashihah}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. H. Tulus Musthofa, Lc, MA}, keywords = {Materi, Istima? dan Kalam, Analisis Buku Ajar, Mahmud Kamil An-Naqah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53781/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistematika penulisan dan penyajian materi Istim{\=a}? dan Kal{\=a}m dalam buku Ta?lim Al-Lughah Al-?Arabiyyah SMP Muhammadiyah Kelas VIII. Untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian materi Istim{\=a}? dan Kal{\=a}m dalam buku Ta?lim Al-Lughah Al-?Arabiyyah SMP Muhammadiyah Kelas VIII menurut perspektif Mahm{\=u}d K{\=a}mil An-N{\=a}qah, dan untuk mengetahui aspek pengembangan materi Istim{\=a}? dan Kal{\=a}m dalam buku Ta?lim Al-Lughah Al-?Arabiyyah SMP Muhammadiyah Kelas VIII ditinjau dari perspektif pemikiran Mahm{\=u}d K{\=a}mil An-N{\=a}qah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Sedangkan objek penelitian adalah buku bahan ajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran bahasa Arab tingkat SMP Muhammadiyah yang disusun oleh M. Arif Hidayatulloh dan Misbachul Chairil Anwar. Pengumpulan data pada penelitian kepustakaan ini dilakukan melalui dua tahap, tahap pertama yaitu penetapan unit analisis dan penentuan sampling, dengan batasan penetapan unit analisis menggunakan unit proporsional dan unit tematik, sedangkan sampling penelitian ini adalah materi Istim{\=a}? dan Kal{\=a}m dalam buku. Kemudian tahap kedua yaitu pengumpulan dan pencatatan data dilakukan dengan mencatat dan mengklasifikasikan berdasarkan representasi materi Istim{\=a}? dan Kal{\=a}m kemudian dikaitkan dengan kriteria perspektif pemikiran Mahm{\=u}d K{\=a}mil An-N{\=a}qah secara deskriptif sehingga dapat diketahui porsi materi yang sesuai. Analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis isi dan metode interpretasi isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sistematika penulisan materi Istim{\=a}? dan Kal{\=a}m dalam buku masuk pada kriteria model penulisan yang ketiga yaitu setiap peringkat subjudul ditulis dengan jenis huruf dan letak yang berbeda, serta tidak menggunakan angka dan huruf sebagaimana model pertama dan kedua. 2) Kemudian sistematika penyajian materi Istim{\=a}? dan Kal{\=a}m telah memenuhi kriteria berdasarkan tiga indikator kelayakan sistematika penyajian sebuah materi; a) Sistematika penyajian, b) Keruntutan penyajian, c) Keseimbangan antar-bab. 3) Persentase mengenai sejauh mana kesesuaian materi Istim{\=a}? dan Kal{\=a}m dalam buku Ta?lim Al-Lughah Al-?Arabiyyah SMP Muhammadiyah Kelas VIII ditinjau dari perspektif Mahm{\=u}d K{\=a}mil An-N{\=a}qah adalah 56,9\% dengan cara menjumlahkan persentase seluruh aspek yang sesuai dengan perspektif dan membaginya sesuai jumlah aspek yang digunakan untuk menganalisis. 4) Aspek pengembangan materi Istim{\=a}? dan Kal{\=a}m yang dilakukan peneliti berdasarkan hasil analisis materi sesuai dengan perspektif pemikiran Mahm{\=u}d K{\=a}mil An-N{\=a}qah adalah tiga aspek, yaitu a) aspek linguistik dengan ketidaksesuaian dua poin, b) aspek tujuan pembelajaran Istim{\=a}? dengan ketidaksesuaian sembilan poin dan Kal{\=a}m lima poin, c) aspek soal dan latihan dengan dua poin yang tidak sepenuhnya sesuai.} }