%A NIM.: 18204020014 Aulia Lina Nashihah %O Pembimbing: Dr. H. Tulus Musthofa, Lc, MA %T MATERI PEMBELAJARAN ISTIMA’ & KALAM DALAM BUKU TA’LIM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH SMP MUHAMMADIYAH KELAS VIII (ANALISIS MATERI PERSPEKTIF MAHMŪD KAMIL AN-NĀQAH) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistematika penulisan dan penyajian materi Istimā’ dan Kalām dalam buku Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyyah SMP Muhammadiyah Kelas VIII. Untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian materi Istimā’ dan Kalām dalam buku Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyyah SMP Muhammadiyah Kelas VIII menurut perspektif Mahmūd Kāmil An-Nāqah, dan untuk mengetahui aspek pengembangan materi Istimā’ dan Kalām dalam buku Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyyah SMP Muhammadiyah Kelas VIII ditinjau dari perspektif pemikiran Mahmūd Kāmil An-Nāqah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Sedangkan objek penelitian adalah buku bahan ajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran bahasa Arab tingkat SMP Muhammadiyah yang disusun oleh M. Arif Hidayatulloh dan Misbachul Chairil Anwar. Pengumpulan data pada penelitian kepustakaan ini dilakukan melalui dua tahap, tahap pertama yaitu penetapan unit analisis dan penentuan sampling, dengan batasan penetapan unit analisis menggunakan unit proporsional dan unit tematik, sedangkan sampling penelitian ini adalah materi Istimā’ dan Kalām dalam buku. Kemudian tahap kedua yaitu pengumpulan dan pencatatan data dilakukan dengan mencatat dan mengklasifikasikan berdasarkan representasi materi Istimā’ dan Kalām kemudian dikaitkan dengan kriteria perspektif pemikiran Mahmūd Kāmil An-Nāqah secara deskriptif sehingga dapat diketahui porsi materi yang sesuai. Analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis isi dan metode interpretasi isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sistematika penulisan materi Istimā’ dan Kalām dalam buku masuk pada kriteria model penulisan yang ketiga yaitu setiap peringkat subjudul ditulis dengan jenis huruf dan letak yang berbeda, serta tidak menggunakan angka dan huruf sebagaimana model pertama dan kedua. 2) Kemudian sistematika penyajian materi Istimā’ dan Kalām telah memenuhi kriteria berdasarkan tiga indikator kelayakan sistematika penyajian sebuah materi; a) Sistematika penyajian, b) Keruntutan penyajian, c) Keseimbangan antar-bab. 3) Persentase mengenai sejauh mana kesesuaian materi Istimā’ dan Kalām dalam buku Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyyah SMP Muhammadiyah Kelas VIII ditinjau dari perspektif Mahmūd Kāmil An-Nāqah adalah 56,9% dengan cara menjumlahkan persentase seluruh aspek yang sesuai dengan perspektif dan membaginya sesuai jumlah aspek yang digunakan untuk menganalisis. 4) Aspek pengembangan materi Istimā’ dan Kalām yang dilakukan peneliti berdasarkan hasil analisis materi sesuai dengan perspektif pemikiran Mahmūd Kāmil An-Nāqah adalah tiga aspek, yaitu a) aspek linguistik dengan ketidaksesuaian dua poin, b) aspek tujuan pembelajaran Istimā’ dengan ketidaksesuaian sembilan poin dan Kalām lima poin, c) aspek soal dan latihan dengan dua poin yang tidak sepenuhnya sesuai. %K Materi, Istima’ dan Kalam, Analisis Buku Ajar, Mahmud Kamil An-Naqah %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib53781