eprintid: 53782 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/37/82 datestamp: 2022-10-03 08:44:12 lastmod: 2022-10-03 08:44:12 status_changed: 2022-10-03 08:44:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Iis Nilam Cahya, NIM.: 16690043 title: PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GALUR ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: Modul Fisika, PBL, Keseimbangan Benda Tegar dan Dinamika Rotasi note: Pembimbing : Dr. Widayanti, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika berbasis model Problem Based Learning, mengetahui kualitas modul fisika berbasis model Problem Based Learning, dan mengetahui respon peserta didik dari modul fisika berbasis model Problem Based Learning pada materi keseimbangan benda tegar dan dinamika rotasi untuk kelas XI di SMA Negeri 1 Galur. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Develomment (R&D). Prosedur pengembangan menggunakan model 4-D yang meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop yaitu sampai uji terbatas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar angket respon peserta didik. Penilaian dan respon peserta didik pada modul fisika berbasis model Problem Based Learning menggunakan skala likert dengan skala 4 dalam bentuk checklist. Hasil penelitian ini menghasilkan modul fisika berbasis model Problem Based Learning pada materi keseimbangan benda tegar dan dinamika rotasi untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Galur. Kualitas modul fisika berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan pendidik fisika memperoleh kategori sangat baik (SB) dengan rerata skor berturut-turut 3,52; 3,79; dan 3,94. Respon peserta didik terhadap modul fisika pada uji coba terbatas memperoleh kategori sangat setuju (SS) dengan rerata skor 3,53. Hasil penskoran yang didapat menunjukkan bahwa modul fisika berbasis model Problem Based Learning pada materi keseimbangan benda tegar dan dinamika rotasi dapat digunakan peserta didik untuk referensi tambahan baik digunakan dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. date: 2022-08-15 date_type: published pages: 243 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Iis Nilam Cahya, NIM.: 16690043 (2022) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DAN DINAMIKA ROTASI UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GALUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53782/1/16690043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53782/2/16690043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf