TY - THES N1 - Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd. ID - digilib53785 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53785/ A1 - Chusnawati Nurul Fajriyah, NIM.: 16680018 Y1 - 2022/07/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai media teka-teki silang (TTS) terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi divisio tumbuhan 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai media teka-teki silang (TTS) terhadap hasil belajar aspek afektif siswa pada materi divisio tumbuhan 3) pengaruh model pembelajaarn kooperatif tipe jigsaw disertai media teka-teki silang (TTS) terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa pada materi divisio tumbuhan. Penelitian ini termasuk penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 8 Yogyakarta. Sampel penelitian ini terdiri dari 3 kelas yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol, kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen 1, dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa aspek kognitif menggunakan tes dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest. Tenik pengambilan data hasil belajar siswa aspek afektif dan psikomotorik menggunakan non tes dengan instrumen berupa lembar angket hasil belajar afektif siswa dan lembar observasi hasil belajar psikomotorik siswa. Analisis data hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik menggunakan uji Kruskal Wallis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif yang dibuktikan dari hasil uji Kruskall Wallis menunjukkan nilai sig 0,000<0,05 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif hal ini dibuktikan dari hasil uji vi Kruskal Wallis menunjukkan nilai sig 0,000<0,05 3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terdapat hasil belajar aspek psikomotorik, hal ini dibuktikan dari hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan hasil 0,000<0,05 PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Jigsaw KW - TTS KW - Hasil Belajar Aspek Kognitif KW - Hasil Belajar Aspek Afektif KW - Hasil Belajar Aspek Psikomotorik. M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DISERTAI MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 239 ER -