relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53795/ title: IMPLEMNTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SD TUMBUH 1 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19 creator: Dina Aizah, NIM.: 16480006 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Penelitian ini dilatarbelakangi pada masa pandemi covid-19 yang melibatkan edukator, orang tua, dan siswa khususnya siswa berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam pembelajaran dikarenakan pembelajaran daring. SD Tumbuh 1 menggunakan rancangan pembelajaran universal design learning (UDL) rancangan pembelajaran paling adaptif untuk dilaksanakan pada masa pandemi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan modifikasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada anak autis di SD Tumbuh 1 pada masa pandemi covid-19. 2) Menganalisis pencapaian siswa dari modifikasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada anak autis di SD Tumbuh 1 pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan atau subjek penelitian ini yaitu orang tua, guru kelas, koordinator kurikulum, dan kepala sekolah. Untuk pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) modifikasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada anak autis di SD Tumbuh 1 pada masa pandemi covid-19 dilaksanakan dengan baik sesuai rancangan. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut menjelaskan bahwa untuk siswa autis lebih ditekankan pada keterampilan atau skill dan lebih sederhana. Model modifikasi kurikulum yang dilaksanakan adalah sebagaimana untuk siswa yang tidak mengalami gangguan kecerdasan dan hanya membutuhkan modifikasi pada proses pembelajaran saja, seperti pada media yang dapat didengar atau dengan tulisan begitu juga dengan cara penyajian soal. Dalam pelaksanaan pembelajaran juga terdapat kendala yang dihadapi yaitu jaringan internet, mood siswa, dan susahnya komunikasi dengan orang tua. Kendati demikiaan guru melaksanakan pembelajaran dengan baik begitu juga dengan siswa. 2) Pencapaian siswa selama pembelajaran daring menunjukkan hasil yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya perubahan pada aspek keterampilan, pengetahuan, sikap, dan sosial. Pencapaian siswa selama pembelajaran daring menunjukkan hasil yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya perubahan pada aspek keterampilan, pengetahuan, sikap, dan sosial. date: 2022-08-15 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53795/1/16480006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53795/2/16480006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Dina Aizah, NIM.: 16480006 (2022) IMPLEMNTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SD TUMBUH 1 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.