%A NIM.: 16430016 Muhammad Faruq %O Pembimbing : Dr. Ichsan, M. Pd. %T UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN ANAK DI KELOMPOK B RA TIARA CHANDRA KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA %X Disiplin adalah sesuatu yang menyangkut tentang pengajaran, bimbingan, atau dorongan yang dilakukan oleh orang dewasa yang mempunyai tujuan untuk menolong anak belajar untuk hidup sebagai makhluk sosial serta untuk mencapai pertumbuhan serta perkembangan anak secara optimal sesuai dengan perkembangannya. Kedisiplinan perlu ditanamkan sejak dini sebagai modal hidup bersosial yang nantinya akan diterima oleh lingkungan. Dengan begitu, perlu diketahui apa saja macam-macam kedisiplinan anak, metode dalam menanamkan kedisiplinan anak, dan kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan kedisiplinan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja macam-macam kedisiplinan anak, untuk mengetahui metode dalam menanamkan kedisiplinan anak dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan kedisiplinan anak di kelompok B RA Tiara Chandra Krapyak, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendamping kelompok B, Guru RA, dan siswa/peserta didik kelompok B. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan metode interaktif berpacu pada konsep Hubermen dan Miles, yang terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengetahui keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode untuk menguji keabsahan atau kebenaran hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, macam-macam kedisiplinan anak, yaitu: datang sekolah tepat waktu, mengenakan seragam sesuai jadwal, berbaris rapi, mematuhi peraturan sekolah yang berlaku, tanggung jawab atas barang milik pribadi dan sekolah, dan sikap khusyu’ ketika beribadah dan berdoa. Kedua,metode yang digunakan dalam menanamkan kedisiplinan anak, yaitu: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pemberian nasihat, metode berdialog, dan metode demonstrasi. Ketiga, kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan kedisiplinan anak, yaitu:adanya anak yang tidak mengenakan seragam sesuai dengan jadwalnya, anak yang masih malu dan enggan untuk melakukan kegiatan yang diintruksikan, tidak memakai masker selama kegiatan, tidak dapat mengikuti kegiatan secara menyeluruh, datang ke sekolah tidak tepat waktu, dan tidak berbaris dengan rapi. %K Upaya Guru, Penanaman Disiplin, Anak Usia Dini %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib53796