<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN)"^^ . "Coronavirus (Covid) masuk di Indonesia pada bulan Maret 2020 yang\r\nmenyebabkan semua aktivitas masyarakat menjadi terbatas sehingga pemerintah\r\nmengeluarkan Peraturan Pemerintah N0. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial\r\nBerskala Besar (PSBB). Kemudian pada tanggal 20 Juni 2020 telah terjadi\r\npernikahan online antara Max Walden asal Sydney, Australia dengan Shaffira\r\nGayatri asal Surabaya, Jawa Timur. Keduanya sudah merencanakan pernikahan\r\npada tanggal 20 Juni 2020 akan tetapi karena adanya pandemi covid 19 yang\r\nmenyebabkan lockdown di beberapa Negara sehingga Max Walden tidak bisa\r\nterbang ke Indonesia. Akhirnya keduanya memutuskan untuk melangsungkan\r\npernikahan melalui aplikasi zoom. Dan dalam pernikahan tersebut belum dihadiri\r\ndan dicatatkan dihadapan Pegawai Pencatat Nikah (PPN).\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Pengurus\r\nCabang Nahdlatul Ulama Kota Yogyakarta tentang praktik nikah online tersebut\r\ndan bagaimana analisis menggunakan Hukum Islam dan Undang-Undang No. 16\r\nTahun 2019 Tentang Perkawinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan\r\n(field research) dengan pendekatan normatif-yuridis. Selanjutnya dalam\r\npengumpulan data, penyusun menggunakan metode wawancara.\r\nHasil penelitian Pandangan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota\r\nYogyakarta terbagi menjadi dua. Pandangan pertama, mengatakan bahwa nikah\r\nonline itu hukumnya tidak sah, karena menganggap pengertian dari ittiḥād al-majlis\r\nitu menyangkut kesatuan waktu dan tempat secara fisik sehingga dalam akad nikah\r\nseluruh rukun dan syarat nikah harus berada dalam satu tempat yang sama.\r\nPendapat kedua mengatakan bahwa hukum nikah online itu sah, karena pendapat\r\nyang kedua lebih setuju dengan pendapat yang sifatnya progresif yang mengartikan\r\nittiḥād al-majlis itu tidak harus dalam tempat yang sama akan tetapi dengan\r\nberkesinambungan waktu dan orientasi serta tujuan yang sama.\r\nMenurut Hukum Islam, pandangan Pengurus Pengurus Cabang Nahdlatul\r\nUlama (PCNU) Kota Yogyakarta tentang nikah online yang pertama adalah tidak\r\nsah, karena sesuai dengan golongan Syafiiyah yang berpendapat bahwa akad nikah\r\ndisyaratkan harus ittiḥād al-majlis yaitu pengucapan ijab dan kabul harus dilakukan\r\ndalam satu tempat dan satu waktu. Dan pandangan PCNU tentang hukum nikah\r\nonline yang kedua adalah sah, karena sejalan dengan golongan Hanafiyah yang\r\nmengatakan bahwa maksud dari ittiḥād al-majlis ialah ijab kabul harus dilakukan\r\ndalam satu jarak waktu yang terdapat dalam satu upacara akad nikah tidak harus\r\ndalam satu tempat yang sama.\r\nMenurut Undang-Undang No. 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan,\r\npandangan Pengurus Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Yogyakarta\r\ntentang nikah online yang pertama adalah sah sesuai dengan Pasal 2 ayat (1) yaitu\r\n“Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing\r\nagamanya dan kepercayaannya itu”. Dan pandangan yang kedua adalah tidak sah\r\nsesuai dengan Pasal 2 ayat (2) yang berbunyi “Tiap tiap perkawinan dicatat menurut\r\nperaturan perundang-undangan yang berlaku”."^^ . "2022-07-29" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18103050056"^^ . "Makmun Murod"^^ . "NIM.: 18103050056 Makmun Murod"^^ . . . . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN) (Text)"^^ . . . . . "18103050056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN) (Text)"^^ . . . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN) (Other)"^^ . . . . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN) (Other)"^^ . . . . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN) (Other)"^^ . . . . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN) (Other)"^^ . . . . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #53801 \n\nPANDANGAN PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA (PCNU) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022 TENTANG PRAKTIK NIKAH ONLINE (ANALISIS HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO. 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN)\n\n" . "text/html" . . . "Hukum Islam"@id . . . "Pernikahan" . . . "Nahdlatul Ulama (NU)" . .