%A NIM.: 18105050051 Syauqi Buldan Barrabirru %O Pembimbing : Dr. Ali Imron, S.Th.I., M.S.I %T Kontekstualisasi Hadits Nabi terhadap Monetisasi Digital Youtube sebagai Lapangan Pekerjaan Baru di Era Pandemi COVID-19 %X YouTube merupakan salah satu media sosial yang dapat diakses oleh masyarakat luas bahkan untuk generasi muda sekalipun. Hanya bermodalkan Smartphone atau komputer yang terhubung kedalam Internet, mereka dapat mengkases apapun yang mereka inginkan. Apapun yang menjadi pilihan media sosial apa yang mereka gunakan, Youtube merupakan salah satu platform yang paling dikenal serta memiliki pengguna aktif masyarakat Indoesia yang besar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memberikan kontekstualisasi atas konsep Ijarah terhadap konsep monetisasi YouTube dengan pertimbangan analisis hadits Metode penelitian ini menggunakan metode Teori Sosial pertukaran Peter Blau dan Ma’anil Hadits Dr. H. Mustaqim sebagai dasar penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah kontekstualisasi hadits Nabi dengan sistem monetisasi Youtube dengan mempertimbangkan sudut pandang empat madhab terhadap hadits Ijarah yang selanjutnya diolah dengan teori diatas. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa sistem monetisasi Youtube bukan berdasarkan akad Syirkah melainkan akad Ijarah. Sedangkan akad Syirkah diadopsi oleh MCN. Problematika MCN berdasar pada mayoritas masyarakat Indnesia menganut madzhab Syafi’I yang justru melarang adanya akad transalsi (Syirkah abdan) ini. %K Youtube, Sistem monetisasi, Upah, Ma’anil Hadits %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib53931