%0 Thesis %9 Masters %A Mira Fitri Shari, NIM.: 20205031029 %B FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM %D 2022 %F digilib:53984 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Meme, @indonesiabertauhidofficial, @indonesiatanpapacaran, Hijrah. %P 156 %T MEME-MEME HADIS TENTANG HIJRAH DALAM SOSIAL MEDIA INSTAGRAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53984/ %X Zaman sekarang, hijrah bergeser maknanya menjadi sebuah gerakan sosial yang cukup populer di kalangan remaja generasi milenial. Di dalam aplikasi sosial media instagram, banyak dijumpai akun-akun populer yang banyak pengikutnya yang menjadikan hadis sebagai bahan meme-meme yang menarik disertai dengan sebuah caption (keterangan) yang menarik pula. Namun, Dalam meme banyak terdapat hadis yang tidak dalam konteks melakukan hijrah, dan bahkan dapat mengakibatkan pendangkalan makna yang membuat seseorang yang melihat dan membacanya menjadi salah mengartikan hadis tersebut. Adapun tesis ini mengkaji mengenai meme-meme hadis hijrah di aplikasi sosial media instagram. Dan adapun rumusan masalah dari tesis atau penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, bagaimana bentuk hadis di instagram yang digunakan sebagai ajakan berhijrah?. Kedua, bagaimana faktor pemilihan hadis di instagram yang digunakan sebagai ajakan berhijrah?. Dan yang ketiga adalah bagaimana respon masyarakat online (netizen) mengenai meme hadis di instagram yang digunakan sebagai ajakan berhijrah?. Penelitian ini termasuk kajian kepustakaan (Library Research), sedangkan untuk menjawab permasalahan dalam rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif-dokumentasi serta menggunakan teori mediatisasi dari Stig Hjarvard. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: pertama, bentuk-bentuk meme hadis hijrah di media sosial instagram ada 4, dan pada ketiga akun yang diteliti yakni @indonesiabertauhidofficial, @indonesiatauhid, dan @indonesiatanpapacaran ini, meme hadis yang paling banyak dipakai ialah meme jenis keempat yakni meme yang memuat kutipan dari otoritas agama tertentu, baik tokoh individu maupun lembaga (yakni pemilik atau pemegang akun instagram hijrah tersebut). Kedua, faktor pemilihan hadis hijrah di Instagram adalah: Faktor pertama adalah berdakwah, atau bertausiah menyebarkan paham atau ideologi yang dianut oleh informan atau pemilik akun. Kemudian faktor pemilihan hadis yang kedua adalah faktor ekonomi (endorse atau mengiklankan suatu barang atau produk). Kemudian respon netizen terhadap meme tentang hadis berhijrah di media sosial instagram pada ketiga akun yang diteliti dibagi menjadi 3, yakni respon positif, respon negatif dan respon bijak. %Z Pembimbing : Dr. Saifuddin Zuhri, S. Th.I., MA.