eprintid: 54042 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/40/42 datestamp: 2022-10-11 04:03:03 lastmod: 2022-10-11 04:03:03 status_changed: 2022-10-11 04:03:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Moh Fadlilah, NIM.: 15120056 title: K.H. IMAM BARMAWI BURHAN; PERAN DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO SEBAGAI SEKOLAH BERKULTUR PESANTREN TAHUN 2001-2013 ispublished: pub subjects: isl_pemik subjects: pon_pes divisions: jur_spi full_text_status: restricted keywords: Pesantrean Yasinat, K.H Imam Barmawi Burhan, Kultur Pesantren note: Pembimbing: Dra. Himayatul Ittihadiyah, M.Hum. abstract: Siswa-siswi MAN Bondowoso yang menginjak usia remaja mulai rentan adanya penyimpangan seperti pergaulan bebas, tawuran antar kelompok, dan mabuk-mabukan. Maka untuk menimalisir terjadinya kenakalan remaja K.H. Imam Barmawi Burhan pada masa kepemimpinannya mengembangkan MAN Bondowoso sebagai madrasah berkultur pesantren dengan menerapkan beberapa kebijakan yang berdampak positif terhadap perkembangan madrasah. Ia menjadikan sekolah formal di bawah naungan pemerintah menjadi sekolah berkultur pesantren, yang sangat berbeda dengan sekolah di bawah naungan pemerintah lain. Untuk menganalisis penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial pengetahuan yang dikemukakan oleh Peter L. Berger. Menurut teori ini, kontruksi sosial merupakan proses sosial melalui tindakan dan interaksi individu menciptakan secara terus-menerus suatu realitas yang dimiliki dan dialami secara subjektif, yang dibagi menjadi tiga tahapan eksternalisasi, objetivikasi, dan internalisasi. Metode penelitian ini menggunakan metode sejarah yang diikuti oleh beberapa tahapan yaitu: heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kebijakan-kebijakan K.H. Imam Barmawi memberikan banyak dampak positif pada Madrasah secara umum, di antaranya mengubah MAN Bondowoso dengan kultur pesantren, penerapkan pemisahan area putra dan putri, program infaq, disiplin dan bersih (IDB), praktek kerja lapangan agama (PKLA) yang sangat membantu dalam membentuk karakter siswa yang berjiwa Islam, dan salam, silaturahmi, sholat berjamaah dan Al-Qur’an (S3Q). date: 2022-08-16 date_type: published pages: 106 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Moh Fadlilah, NIM.: 15120056 (2022) K.H. IMAM BARMAWI BURHAN; PERAN DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO SEBAGAI SEKOLAH BERKULTUR PESANTREN TAHUN 2001-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54042/1/15120056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54042/2/15120056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf