TY - THES N1 - Pembimbing : Casmini S. Ag, M. Si, ID - digilib54085 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54085/ A1 - Isngadurrofiq, NIM. 01220646 Y1 - 2006/// N2 - Kecerdasan emosional pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Y ogyakarta mayoritas sedang. Kecerdasan emosional dalam penelitian ini meliputi kemampuan seseorang untuk mengetahui dirinya sendiri, mengelola emosi atau regulasi diri, memotivasi diri, berempati, dan kemampuan bersosial. Percaya diri pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Y ogyakarta mayoritas tinggi. Percaya diri dalam penelitian ini meliputi perasaan optimis, yakin akan kemampuan dan rahmat Allah SWT, mandiri serta tenang. 3. Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan percaya diri pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Y ogyakarta. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi percaya diri. Hal ini sesuai dengan pendapat Goleman yang mengatakan bahwa seorang individu yang mempunyai kecerdasan emosional akan mengetahui apa yang dirasakan, memahami munculnya perasaan, dan menggunakannya sebagai sumber informasi dalam mengambil keputusan. Memiliki pandangan yang realistis terhadap kemampuan diri dan memiliki kepercayaan diri. Melihat hal-hal yang mempengaruhi kecerdasan emosional yang paling berpengaruh adalah faktor yang timbul dari diri individu itu sendiri yaitu otak dan kepribadian yang baik (akhlaqul-karimah), setelah kita mencermati secara lebih mendalam temyata apabila kecerdasan emosional semakin tinggi maka semakin tinggi pula percaya diri yang dimiliki seseorang, itu terlihat dan nyata dibuktikan pada penelitian yang di paparkan pada bah sebelumnya yang menunjukan bahwa hasil penelitian antara kecerdasan emosional dan percaya diri ada korelasi positif yang signifikan. Dengan tidak mengenyampingkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan emosional dan percaya diri, lingkungan pendidikan pesantren menunjukan peranannya dalam membekali kepribadian santri atau siswa untuk selalu berpegang pada akhlaqul katimah pada saat berkomurtikasi dan berinteraksi dengan tern.an, guru, dart orang-orang yang ada di sekitamya dapat mengarahkan dan membentuk santri atau siswa mertiiliki kecerdasan ettiosiortal dan percaya diri. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kecerdasan Emosional KW - Percaya Diri KW - Siswa-Siwi Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DEN GAN PERCA YA DIRI P ADA SISW A - SISWI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA AV - restricted EP - 142 ER -