TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Irsyadunnas, M.Ag. ID - digilib54099 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54099/ A1 - Eisyti Inayatu Khoirinnisa, NIM.: 15220034 Y1 - 2022/08/19/ N2 - Kedisiplinan merupakan masalah yang selalu muncul dalam setiap aspek kehidupan termasuk kedisiplinan siswa baik selama proses belajar mengajar atau setelah siswa di luar sekolah. Permasalahan yang dialami siswa di sekolah sering kali tidak dapat di hindari meski dengan pengajaran yang baik sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap-tahap pelaksanaan bimbingan klasikal yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X IIS di MAN 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif, Adapun subyek penelitian ini adalah koordinator BK, guru pembimbing dan siswa kelas X IIS 1 MAN 3 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu data yang sudah diperoleh kemudian disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tahap-tahap bimbingan klasikal dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X IIS 1 di MAN 3 Bantul, yaitu dari perencanaan kegiatan yang tersusun dalam SATLAN/RPL, pengorganisasian yang berupa sarana dan prasarana, pelaksanaan dari program, monitoring dan penilaian untuk mengevaluasi layanan yang sudah dilakukan serta adanya tindak lanjut untuk perbaikan oleh guru BK. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan Klasikal KW - Kedisiplinan Siswa KW - Metode Konseling M1 - skripsi TI - BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS X IIS 1 DI MAN 3 BANTUL AV - restricted EP - 95 ER -