eprintid: 54116 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/41/16 datestamp: 2022-10-13 02:15:57 lastmod: 2022-10-13 02:15:57 status_changed: 2022-10-13 02:15:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhamad Latief, NIM.: 15240060 title: MANAJEMEN STRES KERJA PENGUSAHA KAFE MAINMAIN YOGYAKARTA DI ERA PANDEMI COVID 19 ispublished: pub subjects: c19 subjects: man_perus divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Manajamen Stres, Pandemi COVID 19, Kafe Mainmain note: Pembimbing: Aris Risdiana, S. Sos.I., MM. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan yang terjadi selama masa pandemi virus COVID 19 berlangsung di Yogyakarta. Berbagai kalangan masyarakat merasakan dampak dari peraturan yang diterapkan pemerintah mengenai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut dalam bentuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kondisi tersebut rentan menimbulkan stres di kalangan masyarakat, terutama bagi pekerja maupun pengusaha di ranah hiburan seperti kafe yang mengandalkan kehadiran pengunjung sebagai pendongkrak usahanya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui manajemen stres yang dilakukan oleh pengusaha kafe mainmain selama masa pandemi Covid 19 berlangsung. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Kafe Mainmain Serowajan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data primer berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber utama dalam wawancara penelitian adalah Edy Mulyono selaku pemilik usaha Kafe Mainmain, dan sejumlah karyawan. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan metode triangulasi berupa triangulasi metode, Triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab stres yang terjadi di Kafe Mainmain berupa, ketidakpastian informasi, perubahan regulasi, dan biaya operasional yang harus dibayarkan. Bentuk stres yang dialami berupa, kecemasan terhadap keramaian, kekhawatiran terhadap tindakan ekstrem petugas penanganan pandemi, dan kekhawatiran terhadap kelangsungan masa depan unit usaha. Adapun penanggulangan stres yang dilakukan adalah menerima kondisi yang terjadi sebagai bagian dari ujian Tuhan, bersikap kooperatif dalam menjalankan aturan yang ditetapkan, serta merancang bisnis yang sesuai dengan keadaan pandemi. Manajemen stres yang dilakukan bersifat positif karena pengusaha maupun pengelola mampu merubah kondisi stres negatif menjadi stres bersifat positif date: 2022-07-29 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhamad Latief, NIM.: 15240060 (2022) MANAJEMEN STRES KERJA PENGUSAHA KAFE MAINMAIN YOGYAKARTA DI ERA PANDEMI COVID 19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54116/1/15240060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54116/2/15240060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf