TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Umi Baroroh, M.Ag. ID - digilib5412 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5412/ A1 - UMROTUL BAITI - NIM. 06420080 , Y1 - 2011/01/27/ N2 - Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang muncul karena ketidaksesuaian antara teori media pembelajaran dengan realita guru mengajar dengan menggunkan media pembelajaran, bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab , hasil belajar dengan menggunakan media tersebut, dan kekurangan dan kelebihan penggunaan media di kelas VIII MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, mengambil subjek penelitian di MTs Negeri Piyungan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan kepala madrasah, guru bahasa Arab kelas VIII, dan sebagian siswa/siswi kelas VIII MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan mengidentifikasi media pembelajaran bahasa Arab kemudian mengorganisasi, mengklasifikasi, dan mencari pola-pola hubungan, menemukan apa yang dianggap penting dari apa yang telah dipelajari serta mengambilan keputusan yang kemudian disampaikan. Analisis data dilakukan sejak peneliti di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semua data terkumpul atau setelah selesai dari lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) media yang digunakan untuk mencapai 4 kemahiran bahasa Arab (Istima', Kalam, Qira'ah, Kitabah) di kelas VIII MTs Negeri Piyungan Bantul masih sederhana karena keterbatasan media yang ada di sekolah dan keilmuan tentang media yang dimiliki guru. Media yang digunakan berdasarkan penggolongan media maka menggunakan media grafis. Penggunaan media pembelajaran masih clasikal atau tradicional yaitu dengan media cetakan berupa lembaran kertas yang berisi materi hiwar, tabel , dan gambar. (2) hasil belajar siswa/siswi dengan penggunaan media diatas belum memenuhi KKM secara merata yang ada di sekolah, hal ini dikarenakan dari faktor kualitas guru, karakteristik siswa, dan ketersediaan sarana dan prasarana khususnya media yang dimiliki madrasah menjadikan implementasi pembelajaran belum berjalan maksimal, (3) kekurangan dan kelebihan media yang di gunakan di keas VIII MTs Negeri Piyungan Bantul yaitu dalam penggunaan media tersebut tidak bisa digunakan diseluruh kelas hal ini karena siswa/siswi memiliki gaya belajar yang berbda-beda. kelebihannya dengan pnggunaan media guru lebih mudah memberikan materi, siswapun mudah memahami materi yang diberikan guru lebih mudah direspon oleh siswa. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Media Pembelajaran KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2009/2010 AV - restricted ER -