eprintid: 5417 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/54/17 datestamp: 2013-01-11 15:45:11 lastmod: 2015-10-13 02:10:42 status_changed: 2012-05-04 16:47:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ELSA TIWI - NIM. 06140029, title: STUDI ERGONOMI TENTANG KELUHAN-KELUHAN YANG DIALAMI PETUGAS PELAYANAN SIRKULASI PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROPINSI DIY ispublished: pub subjects: IA divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: Ergonomi, Keluhan, Petugas Pelayanan Sirkulasi, Perpustakaan Umum Yogyakarta. note: Pembimbing: Drs Tri Septiyantono, M.Si., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keluhan-keluhan yang dialami petugas pelayanan sirkulasi pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan tindakan apa yang dilakukan untuk mengurangi keluhan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan ergonomi. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dan subyek penelitian adalah 7 orang. Metode pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner Nordic Body Map. Dari lembar kuesioner Nordic Body Map diketahui responden mengalami gangguan sebanyak 2 responden mengeluhkan nyeri pada leher, 2 responden mengeluhkan nyeri pada bahu, 1 responden mengeluhkan nyeri pada lengan kanan dan kiri, 3 responden mengeluhkan nyeri pada punggung, 4 responden mengeluhkan nyeri pada pinggang, 3 responden mengeluhkan nyeri pada pantat, 3 responden mengeluhkan nyeri pada tangan kanan, 3 responden mengeluhkan nyeri pada paha kiri dan kanan, 1 responden mengeluhkan nyeri pada lutut kiri, 2 responden mengeluhkan nyeri pada lutut kanan, 3 responden mengeluhkan nyeri pada betis kiri dan kanan, dan 2 responden mengeluhkan nyeri pada kaki kiri dan kanan. Keluhan-keluhan yang dialami oleh responden disebabkan oleh lingkungan fisik kerja, peralatan kerja, usia dan penyakit seperti diabetes dan asma. Untuk mengurangi gangguan tubuh tersebut, dapat dilakukan dengan melakukan gerakan-gerakan relaksasi agar tubuh tetap segar. div date: 2011-01-27 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Adab thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-01-27 11:01:23 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--elsatiwini-5196-1-elsatiw-y.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/104/digilib-uinsuka--elsatiwini-5196-1-elsatiw-y.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5778 ; nama file lama : ELSA TIWI NIM. 06140029 - STUDI ERGONOMI TENTANG KELUHAN-KELUHAN YANG DIALAMI PETUGAS PELAYANAN SIRKULASI PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROPINSI DIY.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1569848 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ELSA TIWI - NIM. 06140029, (2011) STUDI ERGONOMI TENTANG KELUHAN-KELUHAN YANG DIALAMI PETUGAS PELAYANAN SIRKULASI PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROPINSI DIY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5417/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5417/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf