eprintid: 54191 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/41/91 datestamp: 2022-10-14 07:07:11 lastmod: 2022-10-14 07:07:11 status_changed: 2022-10-14 07:07:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Achmad Zakky Mubarok, NIM.: 15410016 title: ANALISIS METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJARKAN IBADAH MAHDHAH PADA SISWA TUNANETRA DI SLB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: in_klusif subjects: ust_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Metode Guru, Ibadah Mahdah, Siswa Tunanetra note: Pembimbing: Drs. H. Radino., M.Ag. abstract: Setiap orang tua mengharapkan anak yang dilahirkan tumbuh menjadi anak yang menyenangkan, terampil, dan pintar yang nantinya akan menjadi penerus keluarga dan bermanfaat bagi masyarakat. Namun terbatasnya kemampuan penglihatan membuat orang yang mengalami gangguan panca indera menggunakan indera yang lain dalam menerima dan memproses informasi yang diperoleh. Dalam kacamata pendidikan, siswa yang tunanetra adalah mereka yang penglihatannya terganggu sehingga menghalangi dirinya untuk berfungsi dalam proses pembelajaran. Peran guru dalam sekolah bagi siswa berkebutuhan khusus tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu umum dan keterampilan, tetapi guru juga berperan dalam mendidik psikologi siswa agar percaya diri, bersemangat, dan produktif termasuk dalam pendidikan agama khususnya ibadah mahdah.Ibadah mahdah merupakan aktivitas atau perbuatan yang sudah ditentukan syarat dan rukunnya.SLB/A Yaketunis Yogyakarta merupakan sekolah yang fokus terhadap siswa yang berkebutuhan khusus, maka tujuan penelitian ini untuk menganalisis metode guru Pendidikan Agama Islam tunanetra dalam mengajarkan ibadah mahdhah bagi siswa tunanetra. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawanacara dan dokumentasi yang dilakukan di SLB/A Yaketunis Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran ibadah mahdhah ada dua macam yaitu metode ceramah dan metode direct Instruction.Pada setiap metode tentunya memiliki manfaat dan hambatan dalam penerapanya. Metode ceramah, seorang guru tidak memerlukan banyak alat bantu dalam pelaksanaannya, namun hambatannya guru harus memberikan perhatian lebih terhadap siswa. Sedangkan metode Direct Instruction lebih efektif dan hambatannya pengetahuan siswa tergantung dari pemahaman guru. date: 2022-05-30 date_type: published pages: 115 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Achmad Zakky Mubarok, NIM.: 15410016 (2022) ANALISIS METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJARKAN IBADAH MAHDHAH PADA SISWA TUNANETRA DI SLB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54191/1/15410016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54191/2/15410016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf