eprintid: 54200 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/42/00 datestamp: 2022-10-17 01:33:46 lastmod: 2022-10-17 01:35:22 status_changed: 2022-10-17 01:33:46 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Erwin Dwi Nurcahyo, NIM.: 15410163 title: METODE BELAJAR MEMBACA AL QUR’AN DI SMPIT BINA UMAT YOGYAKARTA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb subjects: qur divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Metode Baca Al Qur'an, Iqra’, Ummi note: embimbing: Dr. Eva Latipah, S.Ag, S.Psi, M.Si. abstract: Setiap orang tua menginginkan agar anaknya menjadi orang yang bahagia di dunia dan akhirat. Banyak cara ditempuh orang tua agar dapat mewujudkan niat tersebut. Salah satunya adalah dengan memasukkan anaknya ke dalam pondok pesantren. Di pondok pesantren, anak akan diajarkan banyak materi yang berkaitan dengan ilmu agama, dan ilmu Al Qur’an tidak luput dari materi yang diajarkan pondok pesantren. Banyak strategi dan metode yang digunakan pihak pesantren agar anak didiknya dapat memahami Al Qur’an baik itu membaca, menulis, menghafal serta memahami dan menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Penting dalam pemilihan strategi dalam proses pembelajaran Al Qur’an yang tepat supaya mudah dipahami anak. Smp IT Bina Umat Yogyakarta adalah salah satu pondok pesantren yang memiliki program spesial yakni, menghafal 1 juz dalam 1 tahun. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi pembelajaran Al Qur’an yang digunakan di Smp IT BIna Umat Yogyakarta serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian kualitatif (Qualitative Research) adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena atau suatu peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun secara kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip yang mengarah kepada kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: pertama, bentuk strategi pembelajaran Al Qur’an yang digunakan adalah metode Iqra’ dan metode Ummi. Metode Iqra’ adalah metode belajar Al Qur’an dengan enam jilid yang disusun oleh KH. As’ad Humam, sedangkan metode Ummi adalah metode belajar Al Qur’an delapan jilid dengan pembagian jilid 1-6, gharibul qur’an,dan buku tajwid. Kedua faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran Al Qur’an meliputi faktor pendukung, yakni faktor alokasi waktu, dan lingkungan. Serta faktor penghambat meliputi, faktor kurangnya tenaga pendidik yang tersertifikasi Ummi daerah Sleman dan belum lengkapnya modul Ummi. date: 2022-06-21 date_type: published pages: 117 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Erwin Dwi Nurcahyo, NIM.: 15410163 (2022) METODE BELAJAR MEMBACA AL QUR’AN DI SMPIT BINA UMAT YOGYAKARTA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54200/1/15410163_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54200/2/15410163_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf