%0 Thesis %9 Skripsi %A Latifatul Hidayah, NIM.: 15410165 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:54201 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pola Komunikasi, Motivasi, Hafalan Qur’an %P 133 %T KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM MEMPERTAHANKAN MOTIVASI HAFALAN TAHFIDZ SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54201/ %X Permasalahan yang ada adalah selama pembelajaran tahfidz di masa pandemi Covid 19 tidak menyurutkan siswa dalam mempertahan motivasi hafalan. Oleh karena itu, diadakan penelitian tentang Komunikasi Anak dan Orantua di tengah Pandemi Covid 19 dalam mempertahankan Motivasi Hafalan Tahfidz Siswa Kelas VIII MTs Negeri 6 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa dalam mempertahankan hafalan tahfidz selama pandemi Covid 19 kelas VIII MTs N 6 Sleman dan mengetahui pola komunikasi orangtua agar anak mempertahankan motivasi hafalan tahfidz di masa pandemi Covid 19 siswa kelas VIII MTs N 6 Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2022 di MTs N 6 Sleman. Adapun subyek atau informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 6 Sleman dan orangtua dari siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mempertahankan hafalan tahfidz selama pandemi Covid 19 kelas VIII MTs N 6 Sleman adalah adanya kemauan yang kuat dalam menghafal Al Qur’an, berupaya untuk tekun dan ulet dalam menghafal Al Qur’an, dan semangat dalam menghafal Al Qur’an. Pola komunikasi komunikasi orangtua agar anak mempertahankan motivasi hafalan tahfidz di masa pandemi Covid 19 Siswa Kelas VIII MTs N 6 Sleman dikategorikan pola komunikasi demokratis. Orangtua lebih banyak memberi nasehat, memotivasi dan mengarahkan untuk berbuat baik dan disiplin %Z Pembimbing: Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi M.Ag.