%A NIM.: 15410195 Rois Syaifullah %O Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A %T PERANAN PENGAJAR TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-KAUTSAR DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI DESA SUDIMORO, TERAS, BOYOLALI %X Pentingnya memiliki akhlak yang mulia yang menjadi tugas utama orang Islam untuk menanamkan sedini mungkin kepada anak, karena masa anak-anak khususnya anak usia 6-12 tahun adalah masa yang paling tepat untuk menanamkan akhlak. Dengan ini butuh peranan Lembaga non formal seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar untuk membantu orang tua dalam membina akhlak anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan psikologi agama yang dilakukan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar. Sumber data dalam penelitian ada primer yaitu kepala serta pengajar dan anak-anak TPA Al-Kautsar, sedangkan data sekundernya adalah orang tua. Adapun pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan penelitian ini menggunakan triangulasi dengan metode dan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian ini adalah : 1) Peranan pengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar dalam pembinaan akhlak anak dapat dinilai sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini dapat dilihat adanya perilaku anak-anak yang mengarah ke hal-hal yang positif. 2) Motivasi anak untuk ikut mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar berbeda-beda ada anak yang termotivasi karena ingin bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, ada juga yang termotivasi karena ada teman-teman bermainnya yang ikut mengaji. 3) Faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak yang dilakukan Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Kautsar yaitu motivasi anak, orang tua, teman bermain dan media. %K Pendidikan Al-Qur’an, Pembinaan, Akhlak, Anak %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib54203