eprintid: 54204 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/42/04 datestamp: 2022-10-17 01:47:01 lastmod: 2022-10-17 01:47:01 status_changed: 2022-10-17 01:47:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Rofiyatun, NIM.: 15420038 title: PROGRAM MUHADASAH DI PP. DAARUNNAJAAH MAN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022 ispublished: pub subjects: teo_pen divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Program Muhadasah, Kemampuan Kalam, Santri note: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si, M.Pd abstract: Siti Rofiyatun (15420038). Program Muḥādaṡah Di PP. Daarunnajaah MAN 1 Magelang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan muḥādaṡah sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan kalām santri PP. Daarunnajaah MAN 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil latar belakang MAN 1 Magelang. Populasi dari penelitian ini adalah santri putri dari kelas XI (sebelas) PP. Daarunnajaah MAN 1 Magelang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Adapun teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program muḥādaṡah di PP. Daarunnajaah MAN 1 Magelang sudah berjalan dengan cukup baik karena dilakukan secara konsisten. Kegiatan pembelajaran muḥādaṡah di PP. Daarunnajaah dimulai sejak tahun 2012. Tujuan kegiatan muḥādaṡah adalah untuk memberikan bekal kemampuan berbahasa arab secara semi-aktif pada santri. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran muḥādaṡah diadakan setiap hari Senin-Jumat setiap sore hari. Materi yang diajarkan yaitu berupa mufrodat (kosakata), hiwar (percakapan), dan lain-lain. 2) Dalam pelaksanaan program muḥādaṡah, ada faktor pendukung dan juga faktor penghambat. Sedangkan faktor pendukung yaitu seperti kerjasama antar divisi bahasa dengan pembina asrama, antusias dan semangat santri. Sedangkan faktor penghambatnya seperti keterbatasan waktu, keterbatasan fasilitas/sarana dan prasarana, serta faktor lingkungan luar. date: 2022-06-10 date_type: published pages: 145 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Rofiyatun, NIM.: 15420038 (2022) PROGRAM MUHADASAH DI PP. DAARUNNAJAAH MAN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54204/1/15420038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54204/2/15420038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf