%A NIM.: 15490046 Muhammad Amin Sugianto %O Pembimbing: Dr. Zainal Arifin M. Si %T MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN KARYAWAN DI TOKO ZAM-ZAM PLASTIK BOJONEGORO JAWA TIMUR %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya manajemen strategis terhadap pengelolaan karyawan suatu perusahaan. Dalam prosesnya, pimpinan perusahaan memiliki peran penting dalam melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan guna terciptanya program pembangunan SDM yang efektif dan efisien sesuai kebutuhan perusahaan. Berdasarkan hal ini, peneliti ingin mengetahui lebih detail terkait manajemen strategis yang digunakan untuk mengelola karyawan di Toko Zam-Zam Plastik Bojonegoro Jawa Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan objek penelitian berupa Toko Zam-Zam Plastik yang berlokasi di Bojonegoro, Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik yang dipakai untuk validasi keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Toko Zam-Zam Plastik Bojonegoro berdiri atas dasar tujuan komersial dan moril. Selain itu, toko ini mampu melihat peluang dan target pasar melalui ketepatan dalam analisis pasar, pemilihan lokasi, dan penentuan komoditas untuk memenuhi pangsa pasar; 2) strategi yang diterapkan oleh toko ini adalah dengan menyediakan barang-barang, mematok harga jual yang relatif murah, mengelola karyawan dan pemberian kompensasi karyawan; 3) dalam praktiknya, evaluasi yang dilakukan di Toko Zam-Zam Plastik Bojonegoro belum terlaksana maksimal karena kurangnya kedisiplinan; 4) faktor pendukung manajemen strategi terhadap pengelolaan karyawan di toko ini terlihat dari lokasi toko yang strategis, harga jual relatif murah, dan ketersediaan barang yang lengkap. Sementara itu, faktor penghambatnya antara lain: kurangnya etika dalam melayani pelanggan, pembagian jobdesc yang tumpang tindih, dan minimnya evaluasi; 5) hasil manajemen strategi yang diterapkan di toko ini memberi dampak positif berupa berkembangnya toko secara luas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan serta dampak negatif berupa perolehan rating buruk dari pelanggan melalui media sosial sebagai akibat dari kurangnya kepuasan pelanggan terhadap pelayanan karyawan. %K Manajemen, Strategi, Pengelolaan Karyawan %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib54216