relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54217/ title: KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KIAI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN REMAJA BEJEN KUDUS JAWA TENGAH creator: Nevia Husniannida, NIM.: 15490051 subject: Kepemimpinan Dalam Islam subject: Pendidikan Islam (Pesantren) subject: Kyai - Ustadz - Guru description: Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kinerja guru dalam lembaga pendidikan pesantren. Kinerja guru perlu ditingkatkan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan di pesantren. Peningkatan kinerja guru sangat dipengaruhi oleh peran seorang Kiai sebagai pemimpin yang demokratis sehingga dapat memberikan bimbingan dan arahan serta memberikan kesempatan bagi guru untuk mengembangakan kompetensi dan kreatifitasnya. Peneliti ingin mengetahui lebih mendalam tentang hasil dari penerapan pola kepemimpinan demokratis Kiai dan upaya-upaya yang dilakukan Kiai dalam meningkatkan kinerja guru di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Remaja Bejen Kudus Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Remaja Bejen Kudus Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data seta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kiai Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Remaja Bejen Kudus sudah menerapkan pola kepemimpinan demokratis, dibuktikan dengan selalu melibatkan guru dalam musyawarah untuk mengambil keputusan bersama, bersedia menerima kritik, saran dan pendapat guru, bersedia melakukan kerjasama dengan guru dalam meningkatkam potensi santri. 2) upaya Kiai Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’u Qur’an Remaja Bejen Kudus dalam meningkatkan kinerja guru melalui kompetensi pedagogik yaitu evaluasi pembelajaran, pemahaman karakteristik santri dan kunjungan ke halaqah/kelompok ngaji; kompetensi kepribadian adalah dengan menanamkan sikap yang berakhlaqul karimah dan kedisplinan; kompetensi sosial adalah adanya rapat guru dan pertemuan walisantri; kompetensi profesional adalah dengan pemanfaatan teknologi dan komunikasi, mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, workshop dan study banding untuk menambah wawasan serta mengembangkan kreativitas guru; penilaian kinerja guru yang dilakukan untuk mengukur kemampuan dan kedisplinan guru; motivasi, reward dan punishment sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja guru. 3) Hasil yang dicapai dari kepemimpinan demokratis Kiai dalam meningkatkan kinerja guru yaitu adanya peningkatan kinerja guru sehingga prestasi santri juga meningkat. date: 2022-08-19 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54217/1/15490051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54217/2/15490051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Nevia Husniannida, NIM.: 15490051 (2022) KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KIAI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN REMAJA BEJEN KUDUS JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.