relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54220/ title: EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING MODEL CIPP PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XII MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 4 BANTUL creator: Umi Hanifah, NIM.: 15490075 subject: Aqidah Filsafat subject: Covid-19 subject: Manajemen Pendidikan subject: Metode Pembelajaran description: Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peniliti terhadap evaluasi program pembelajaran daring (dalam jaringan) pada masa pandemi covid-19. Dimana kegiatan belajar mengajar yang semula dilaksanakan secara tatap muka langsung harus diganti dengan pembelajaran daring untuk mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran daring model CIPP pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XII masa pandemi covid-19 di MAN 4 Bantul. Penelitian ini menggunakan model CIPP yaitu context, input, process, product. Sebagai metode untuk mengevaluasi program pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Waka bagian Kurikulum, Waka bagian Sarana dan Prasarana, tenaga pendidik Aqidah Akhlak kelas XII, dan peserta didik kelas XII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data penelitian ini dengan cara triangulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi konteks meliputi perencanaan pembelajaran daring dilaksanakan sesuai dengan kurikulum darurat, kebutuhan pembelajaran daring, dan tujuan pembelajaran daring sesuai dengan perencanaan pembelajaran daring (2) Evaluasi masukan meliputi tenaga pendidik dan peserta didik kelas XII, sarana dan prasarana pembelajaran daring dan sumber dana yang digunakan selama pembelajaran daring sudah terpenuhi (3) Evaluasi proses meliputi implementasi proses pembelajaran daring mata pelajaran Aqidah Akhlak dilakukan melalui aplikasi grup whatsapp (4) Evaluasi hasil meliputi hasil pembelajaran daring mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XII kurang maksimal karena rata-rata nilai peserta didik banyak yang belum memenuhi KKM date: 2022-07-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54220/1/15490075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54220/2/15490075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Umi Hanifah, NIM.: 15490075 (2022) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING MODEL CIPP PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XII MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.