eprintid: 54222 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/42/22 datestamp: 2022-10-17 02:55:59 lastmod: 2022-10-17 02:55:59 status_changed: 2022-10-17 02:55:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nurhul Rahmahwati, NIM.: 15600014 title: ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII ispublished: pub subjects: kom_pen subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Gaya belajar, Kemampuan komunikasi Matematis, Luas Permukaan, Volume Balok, Volume Kubus note: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Sleman Yogyakarta. Kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika karena selain sebagai alat bantu bagi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari juga merupakan alat untuk mengkomunikasikan berbagai ide/ gagasan dalam matematika. Kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematis diduga berkaitan dengan cara atau gaya siswa menyerap, mengolah, dan mengatur informasi yang diperoleh pada saat pembelajaran. Materi pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa adalah pokok bahasan Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII MTs Negeri 6 Sleman Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti sebagai instrumen utama, angket sebagai instrumen untuk mengklasifikasi jenis gaya belajar yang dimiliki siswa, tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada teknik model Miles and Huberman, meliputi (1) reduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kriteria derajat kepercayaan, meliputi (1) triangulasi, (2) ketekunan pengamatan, (3) pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh skor gaya belajar tinggi sebagian besar memperoleh nilai kemampuan komunikasi matematis tinggi sedangkan siswa yang memperoleh skor gaya belajar rendah memperoleh nilai kemampuan komunikasi matematis rendah. Kelemahan siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan komunikasi matematis sebagian besar ditemukan pada indikator 4 dan 5. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar visual adalah baik (2,94), kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar auditorial adalah baik (3,06), kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar kinestetik adalah cukup (2,49). Secara keseluruhan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas VIII adalah baik (2,90). date: 2022-06-17 date_type: published pages: 258 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurhul Rahmahwati, NIM.: 15600014 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54222/1/15600014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54222/2/15600014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf