TY - THES N1 - Pembimbing: Marwiyah, S.Ag.,SS.,M.LIS ID - digilib5423 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5423/ A1 - Indriani Kurnia, NIM.: 05140044 Y1 - 2010/06/18/ N2 - Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang diterapkan Perpustakaan SMP Muhammadiyah Muntilan dalam pembinaan minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Muntilan dengan memberikan fasilitas di perpustakaan dan membangun ruang perpustakaan baru. Strategi pembinaan minat baca siswa yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu memberi tugas guru untuk mendorong siswa mempunyai minat baca, memberikan fasilitas pendukung. Strategi yang dilakukan oleh guru dengan menugaskan siswa membuat ringkasan, memberikan pengarahan akan pentingnya perpustakaan, menugaskan siswa untuk membaca buku pelajaran, meresensi buku, memberikan arahan untuk mempunyai minat membaca. Strategi yang dilakukan oleh petugas perpustakaan dengan meningkatkan jumlah koleksi, melakukan kerjasama dengan guru, mengadakan peminjaman buku dan bahan pustaka, apabila ada jam kosong perpustakaan siap melayani siswa untuk membaca. Rekomendasi yang harus diperhatikan dengan penambahan fasilitas, perlu membuat ruang perpustakaan yang tetap, petugas perpustakaan diharapkan banyak memberi motivasi kepada siswa untuk membaca di perpustakaan. div PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - minat baca; reading society; reading interest; perpustakaan sekolah M1 - skripsi TI - STRATEGI PEMBINAAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SMP MUHAMMADIYAH MUNTILAN AV - restricted EP - 109 ER -