TY - THES N1 - Pembimbing: Rita Setyani Hadi Sukirno, M.Psi. ID - digilib54336 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54336/ A1 - Luqman Amirul Mukmin, NIM.: 18107010085 Y1 - 2022/07/11/ N2 - Keberadaan guru taman kanak-kanak berusia lanjut di peradaban bangsa dimanapun, termasuk di Indonesia memberi peran dan arti besar dalam menciptakan lingkungan belajar yang matang secara sosial dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan apa saja faktor-faktor kebahagian guru berusia lanjut. Informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan mengikuti kriteria guru taman kanak-kanak yang telah berusia 45-59 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tematik kualitatif. Keabsahan penelitian diuji menggunakan triangulasi teknik dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan para guru memiliki kebahagiaan dengan cara menjalani hubungan positif dengan orang-orang sekitar, bermusyawarah, memaknai setiap keadaan, terpenuhinya kebutuhan jasmani dan rohani. Faktor internal maupun eksternal juga mempengaruhi kebahagiaan masing-masing informan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - guru TK; happiness; kindergarten teacher; elderly teacher; seligman M1 - skripsi TI - STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF KEBAHAGIAAN PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK BERUSIA LANJUT (PERSPEKTIF SELIGMAN) AV - restricted EP - 193 ER -