<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI)"^^ . "Problem kejahatan masih menjadi momok teologi dari generasi ke generasi. Para\r\nfilsuf-cum-teolog hampir sepakat bahwa problem kejahatan sulit diobati. Di Barat,\r\ndiskursus ini cukup banyak dibahas, namun sangat sedikit yang menaruh perhatian\r\npada kitab suci dan tafsirnya. Di Indonesia, diskursus ini masih menjadi perhatian\r\nkecil, dan bisa dikatakan belum ada yang membahas secara khusus problem\r\nkejahatan dalam terang al-Qur’an dan tafsirnya. Skripsi ini membahas problem\r\nkejahatan melalui metode kualitatif dengan pendekatan semantik ‘sederhana’ dan\r\ninterpretatif-sastrawi. Data primer yang digunakan adalah al-Qur’an melalui kata\r\nal-syarr dan al-sū` serta penafsiran dari seorang tokoh bernama Fakhr al-Dīn al-\r\nRāzī, sementara data sekundernya adalah pendukung argumentasi. Hasil dari\r\npenelitian ini terklasifikasi ke dalam tiga argumen; 1) secara ontologis, kejahatan\r\ndibagi menjadi dua: ada (‘adamiyyah) dan tidak ada (wujūdiyyah). 2) Kata al-syarr\r\ndan al-sū` memiliki beberapa keterkaitan makna relasional seperti bisikan setan,\r\nmenyebarkan berita yang tidak benar, membunuh, tergesa-gesa, putus asa, kafir,\r\nsesar, menyekutukan Allah, ujian/cobaan, dan pencipta kejahatan. 3) Terkait\r\nsumber kejahatan yang disandarkan kepada Tuhan, diperdebatkan oleh para filsuf.\r\nNamun bagi al-Rāzī, ketika menafsirkan surat al-Falaq [113]:2, tidak ada yang salah\r\ndengan meminta perlindungan kepada Sang Pencipta kejahatan. Bahkan dengan\r\nadanya kejahatan dan penderitaan yang Dia ciptakan, kita tahu ke-Mahakuasaan-\r\nNya, dan dengan demikian kita meminta perlindungan kepada-Nya agar kejahatan\r\ntersebut tidak benar-benar terjadi pada kita. Kalau pun setelah meminta\r\nperlindungan kepada Allah, antara penderitaan dan kesenangan tidak seimbang,\r\ndiamlah. Allah tidak ditanya atas segala perbuatan-Nya, melainkan hanya\r\nmanusialah yang ditanya."^^ . "2022-08-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.:15530079"^^ . "Achmad Fauzan"^^ . "NIM.:15530079 Achmad Fauzan"^^ . . . . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI) (Text)"^^ . . . . . "15530079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI) (Text)"^^ . . . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI) (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI) (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI) (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI) (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #54338 \n\nPROBLEM KEJAHATAN DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA SYARR DAN SU` DALAM TAFSIR MAFATIH AL-GHAYB KARYA FAKHR AL-DIN AL-RAZI)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .