%0 Thesis %9 Skripsi %A SUTOYO - NIM. 07480021-E , %B /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ %D 2011 %F digilib:5434 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Ilmu Pengetahuan Alam , Action Learning , kemampuan siswa. %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS I DALAM PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN METODE ACTION LEARNING DI MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5434/ %X ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya anak yang memiliki intelegensi bagus ia juga mempunyai prestasi dan sikap yang bagus terhadap pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Namun, pada kenyataannya ada siswa yang memiliki prestasi Ilmu Pengetahuan Alam kurang bagus. Oleh karena itu, saya perlu mengadakan penelitian, mengenai PTK (penelitian tindakan kelas). Penelitian tindakan kelas ini mengambil subyek siswa kelas I di MIN Ngawen Gunungkidul. Fokus pada penelitian ini adalah penggunaan metode Action Learning dalam upaya meningkatkan kemampuan memelihara lingkungan. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, angket dan catatan lapangan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa implementasi tindakan kelas berupa penggunaan metode Action Learning dapat meningkatkan kemampuan memelihara lingkungan. Untuk mencapai tujuan penelitian tindakan kelas, maka dilakukan proses pengkajian berdaur terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (scting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan metode Action Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk belajar di alam terbuka. (2) Pada saat pelaksanaan pembelajaran guru banyak melibatkan siswa untuk aktif mengamati lingkungan yang bersih dan yang tidak bersih, lalu siswa mencatatnya dan mempraktekkan membersihkan lingkungan. (3) Dengan metode Action Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA. div %Z Pembimbing: Dra. Siti Fatonah, M.Pd.