eprintid: 5434 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/54/34 lastmod: 2012-05-04 16:47:59 status_changed: 2012-05-04 16:47:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUTOYO - NIM. 07480021-E , title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS I DALAM PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN METODE ACTION LEARNING DI MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL ispublished: pub full_text_status: none keywords: Ilmu Pengetahuan Alam , Action Learning , kemampuan siswa. note: Pembimbing: Dra. Siti Fatonah, M.Pd. abstract: ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya anak yang memiliki intelegensi bagus ia juga mempunyai prestasi dan sikap yang bagus terhadap pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Namun, pada kenyataannya ada siswa yang memiliki prestasi Ilmu Pengetahuan Alam kurang bagus. Oleh karena itu, saya perlu mengadakan penelitian, mengenai PTK (penelitian tindakan kelas). Penelitian tindakan kelas ini mengambil subyek siswa kelas I di MIN Ngawen Gunungkidul. Fokus pada penelitian ini adalah penggunaan metode Action Learning dalam upaya meningkatkan kemampuan memelihara lingkungan. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, angket dan catatan lapangan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa implementasi tindakan kelas berupa penggunaan metode Action Learning dapat meningkatkan kemampuan memelihara lingkungan. Untuk mencapai tujuan penelitian tindakan kelas, maka dilakukan proses pengkajian berdaur terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (scting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan metode Action Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk belajar di alam terbuka. (2) Pada saat pelaksanaan pembelajaran guru banyak melibatkan siswa untuk aktif mengamati lingkungan yang bersih dan yang tidak bersih, lalu siswa mencatatnya dan mempraktekkan membersihkan lingkungan. (3) Dengan metode Action Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA. div date: 2011-01-27 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-01-27 14:23:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sutoyonim0-5214-1-sutoyon-l.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/105/digilib-uinsuka--sutoyonim0-5214-1-sutoyon-l.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5796 ; nama file lama : SUTOYO NIM. 07480021-E - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS I DALAM PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN METODE ACTION LEARNING DI MIN NGAWEN ; format file : application/pdf ; besar file : 1014673 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-01-27 14:23:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sutoyonim0-5214-1-sutoyon-l.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/105/digilib-uinsuka--sutoyonim0-5214-1-sutoyon-l.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5796 ; nama file lama : SUTOYO NIM. 07480021-E - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS I DALAM PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN METODE ACTION LEARNING DI MIN NGAWEN ; format file : application/pdf ; besar file : 1014673 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SUTOYO - NIM. 07480021-E , (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS I DALAM PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN METODE ACTION LEARNING DI MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.