TY - THES N1 - Pembimbing: Zidni Immawan Muslimin, S.Psi, M.Si. ID - digilib54381 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54381/ A1 - Dafa Almas Trisnanda, NIM.: 17107010073 Y1 - 2022/05/31/ N2 - Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam pembetukan karakter siswanya, berdasarkan kurikulum pendidikan 2013, terdapat identifikasi 18 aspek dalam pendidikan karakter, salah satunya ialah toleransi, namun pada kenyataanya angka kasus intoleran di sekolah masih tinggi, hal ini terbukti dari beberapa kasus tindakan intoleran yang sudah terjadi. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui perbedaan tingkat karakter toleransi antara siswa yang bersekolah di MAN X Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah Y Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini ialah ada perbedaan tingkat karakter toleransi antara siswa MAN X Yogyakarta dan siswa SMA Muhammadiyah Y Yogyakarta yang sebabkan oleh perbedaan implementasi karakter toleransi. Subjek penelitian ini adalah siswa MAN X Yogyakarta sebanyak 254 siswa dan siswa SMA Muhammadiyah Y Yogyakarta sebanyak 204 siswa. Alat pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala karakter toleransi yang memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,939. Teknik pengambilan data menggunakan Teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji non parametric Independent Sample T-Test yang menunjukkan nilai asymp signifikansi (2-tailed) sebesar 0,071 (p>0,05), sehingga hipotesis ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat karakter toleransi antara siswa MAN X Yogyakarta dan siswa SMA Muhammadiyah Y Yogyakarta. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - intoleran; toleransi; asal sekolah; siswa SMA M1 - skripsi TI - PERBEDAAN TINGKAT KARAKTER TOLERANSI ANTARA SISWA MAN X YOGYAKARTA DAN SMA MUHAMMADIYAH Y YOGYAKARTA AV - restricted EP - 177 ER -