@phdthesis{digilib5439, month = {January}, title = {ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { SAPTO HARMOKO - NIM. 07140117}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si.}, keywords = {Kualitas Layanan, Perpustakaan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5439/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Pada Perpustakaan Fakultas Matematika dan Ilmu Perpustakaan Alam Universitas Gadjah Mada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sebagai metode utama, dokumentasi dan wawacara sebagai metode pelengkap. Populasi yang diambil adalah seluruh pemustaka Perpustakaan Fakultas MIPA UGM pada bulan April 2010. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Insidental Sampling. Analisis yang digunakan adalah Analisis Kualitatif dan Analisis Deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan Analisis Deskriptif Kuantitatif, hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan sebagai berikut : Hasil skor kriteria penilaian berdasarkan nilai rata-rata secara keseluruhan didapat hasil 3.64 sehingga dapat dikategorikan bahwa kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan pada Perpustakaan Fakultas MIPA UGM tergolong baik. Dari 24 indikator yang dipertimbangkan dijabarkan menjadi 5 sub variabel yaitu : Bukti langsung, keandalan, Daya tanggap, Jaminan, Empati. Dari lima variable yang menjadi kepuasan pemakai dalam memilih layanan pada Perpustakaan Fakultas MIPA UGM yang menjadi pertimbangan utama untuk variabel bukti langsung, nilai rata-rata kepuasan pemustaka adalah 3.77, sehingga berdasarkan nilai rata-rata tersebut tergolong baik. Untuk dimensi keandalan, nilai rata-rata kepuasan pemustaka adalah 3.59, sehingga berdasarkan nilai rata-rata tersebut tergolong baik. Untuk dimensi daya tanggap, nilai rata-rata kepuasan pemustaka adalah 3.65, sehingga berdasarkan nilai rata-rata tersebut tergolong baik. Untuk dimensi jaminan, nilai rata-rata kepuasan pemustaka adalah 3.64, sehingga berdasarkan nilai rata-rata tersebut tergolong baik. Untuk dimensi empati, nilai rata-rata kepuasan pemustaka adalah 3.58, sehingga berdasarkan nilai rata-rata tersebut tergolong baik. div } }