eprintid: 54455 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/05/44/55 datestamp: 2022-10-25 01:00:52 lastmod: 2022-10-25 01:00:52 status_changed: 2022-10-25 01:00:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sri Wahyuni, NIM. 02231077 title: PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI ANAK PANTI DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pmi divisions: jur_pmi full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Life Skill, Anak Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta note: Pembimbing :Drs. Aziz Muslim, M.Pd abstract: Dalam pembinaan mental dan fisik anak panti diberikan materi yang bersangkutan seperti pengetahuan psikologi, ketahanan tubuh/olahraga yang bertujuan agar anak panti kuat, sehat dan tidak merasa minder atau rendah diri dengan pengetahuan yang mereka miliki bahkan mereka merasa bangga sehingga mereka akan lebih mudah dan semangat dalam mewujudkan kemandirian atau bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan keluarga. Pembinaan agama dan sosial, pembinaan ini sangat diperhatikan oleh instruktur karena pengetahuan agama merupakan landasan dalam kehidupan sehinga dengan pengetahuan agama dan landasan iman yang kuat maka mereka akan mampu bersosial dengan baik, berakhlakul karimah dan menjadi muslim yang cerdas, terampil, kreatif serta memiliki keimanan yang lebih mantap. Adanya pelaksanaan sisitem latihan, di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta ada beberapa jenis pelatihan keterampilan diantaranya adalah: pelatihan bordir, pelatihan jahit, pelatihan salon, pelatihan montir dan pelatihan las. Pelatihan yang diberikan selama di panti merupakan dasar dari ilmu keterampilan itu sendiri, sedangkan pengembangan ilmu keterampilan ini tergantung dengan bagaimana usaha anak panti dalam mempraktekan di lapangan kerja nantinya dan pengalaman yang akan mereka dapat, karena di Panti Sosial Bina Remaja Y ogyakarta hanya memberikan waktu pelatihan yang terbatas akan tetapi dengan pelatihan ini anak panti sudah merasa cukup uhtuk dijadikan sebagai dasar pengetahuan. Pendidikan Life Skill sangat berperan penting dalam pengembangan sikap dan kemandirian anak panti, ini terbukti bahwa tercapainya tujuan dengan baik artinya sebagian dari anak asuh yang telah keluar dari pembinaan dan pelatihart selama di panti bisa langsung diterima di lapangart kerja atau instansi terkait bahkan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keterampilan mereka dalam tempo yang tidak terlalu lama. Sementara lainnya yang belum mendapatkan pekerjaan tetap berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya, tidak menutup kemungkinan bagi anak panti untuk menekuni bidang lain selama menunggu pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. date: 2006 date_type: published pages: 132 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Dakwah dan Komunikasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sri Wahyuni, NIM. 02231077 (2006) PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI ANAK PANTI DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54455/1/02231077_Bab%20I_Bab%20IV_Daftar%20Pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54455/2/02231077_Bab%20II_Bab%20III.pdf