@phdthesis{digilib5454, month = {January}, title = {NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM LE GRAND VOYAGE}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {AMELIA YAMMI SUSENTY - NIM. 06470009}, year = {2011}, note = {Pembimbing: DR. Hj. Juwariyah, M.Ag.}, keywords = {Nilai Pendidikan , Film Le Grand Voyage}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5454/}, abstract = {ABSTRAK Banyaknya media yang bisa dimanfaatkan dalam penyampaian pesan pada saat ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi, salah satunya media elektronik. Film yang dianggap sebagai media penyampaian pesan nilai pendidikan, dewasa ini banyak sekali dimanfaatkan dan dianggap ampuh. Suguhan film yang semakin variatif dalam memenuhi selera penikmatnya beragam. Produksi film baik dalam negeri maupun luar negeri masih banyak bertemakan tentang kekerasan, horor dan percintaan pragmatis dan lain sebagainya yang penulis anggap masih jauh dari nilai pendidkan, padahal nilai-nilai pendidikan khususnya pendidikan Islam yang terkandung dalam film bisa dijadikan media pendidikan untuk menambah moralitas masyarakat. Walaupun demikian, penulis mengakui bahwa tak jarang pula film telah diberikan sentuhan nilai pendidikan. Ada sebuah produksi film dari luar negeri tepatnya dari negara perancis yang membuat film bertemakan tentang nilai-nilai pendidikan Islam, salah satunya yakni film Le Grand Voyage (Perjalanan yang Besar) karya Ismael Ferroukhi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui penelitian kepustakaan (Library Research), dengan mengambil obyek film Le Grand Voyage. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang nilai pendidikan yang tertanam dalam film Le Grand Voyage. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif serta pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan metode deskriptif analisis dimana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan, serta ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Le Grand Voyage mengandung nilai pendidikan, diantaranya, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan estetika dan nilai pendidikan agama. Film tersebut aman untuk dikonsumsi bagi masyarakat umum sehingga dipandang sangat relevan sebagai media dalam pendidikan. Dengan penelitian ini, penulis berharap skripsi ini bisa menjadi kontribusi besar yang berfungsi untuk memperkaya khazanah keilmuan tentang pola pendidikan yang relevan dalam konteks pendidikan masa sekarang. div} }