<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK"^^ . "Lagu religi Indonesia merupakan salah satu jenis musik yang sangat\r\ndirindukan kehadiranya oleh masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan bahasa\r\nIndonesia, masyarakat dengan mudah menerima pesan yang diusung dalam\r\nsebuah lagu bernafaskan nilai-nilai agama. Salah satu lagu religi yang sudah tidak\r\nasing lagi di telinga masyarakat Indonesia adalah Aunur Rofiq Lil Firdaus atau\r\nyang sering disapa Opick. Hingga saat ini Opick sudah merilis 8 albumnya. Dari\r\nsekian album tersebut banyak nilai-nilai agama Islam yang dikemas secara indah\r\nsehingga mampu menghipnotis orang-orang yang mendengarnya. Mulai dari nilai\r\nsyukur, taubat, cinta kepada Allah dan RasulNya, serta cinta kepada sesama\r\nmakhluk Allah.\r\nPenelitian ini mengambil analisis representasi taubat dalam “Ya Robbana”\r\ndalam album Istighfar, “Buka Mata Buka Hati” dalam album Semesta Bertasbih,\r\n“Taubat” dalam album Ya Rahman, “Tuhan Lindungilah” dalam album Cahaya\r\nHati, “Dunia Tanpa Cinta-Nya” dalam album Shollu Ala Muhammad, “Rapuh”\r\ndalam album The Best Of Opick, dan “Bila Waktu Tlah Berakhir” dalam album\r\nSalam Ya Rasulullah Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.\r\nData-data akan dianalisa menggunakan model Roland Barthes. Semiotika\r\ndipahami sebagai ilmu mengenai bentuk (form) dimana studi ini mengkaji\r\nsignifikasi yang terpisah dari isinya(content). Semiotika tidak hanya meneliti\r\nmengenai signifier dan signified. Tetapi juga hubungan yang mengikat mereka,\r\ntanda yang berhubungan secara keseluruhan. Pertama, dengan mengidentifikasi\r\ntanda-tanda yang terdapat dalam masing-masing teks untuk mengetahui maknamakna\r\nyang dipresentasikan dalam lirik lagu tersebut, baik makna denotasi\r\nmaupun makna konotasi. Tanda di sini menghubungkan objek untuk bias\r\ndiidentifikasi, sehinnga satu tanda mengacu pada satu objek, atau satu tanda\r\nmengacu pada sekelompok objek yang telah ditentukan secara jelas. Lalu pada\r\nsetiap lirik lagu akan dipisahkan signifier (penanda) dan signified (petanda),\r\nkemudian tanda-tanda itu akan diuraikan berdasarkan strukturnya agar bisa\r\nterbaca makna denotasi dan konotasi.\r\nHasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa dalam setiap lirik\r\nlagu tersebut terdapat nilai taubat yang disampaikan kepada publik sehingga\r\ntaubat dapat dimengerti dengan beberapa kata yang merujuk kepadanya. Setiap\r\nlagu tersebut terdapat pesan yang menyampaikan nilai taubat kepada publik,\r\nsehingga nilai taubat akan mudah dipahami. Lirik-lirik di atas berisikan pesan\r\ntersirat taubat an nasuha yang diawali dari penyesalan atas kesalahan yang\r\ndilakukan, berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang serupa, dan mengiringi\r\nkesalahan dengan kebaikan."^^ . "2013-06-18" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 08210085"^^ . "Nuril Lailiyah"^^ . "NIM.: 08210085 Nuril Lailiyah"^^ . . . . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK (Text)"^^ . . . . . "08210085 _BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK (Text)"^^ . . . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK (Other)"^^ . . . . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK (Other)"^^ . . . . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK (Other)"^^ . . . . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK (Other)"^^ . . . . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #54555 \n\nREPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK\n\n" . "text/html" . . . "Media Dakwah" . . . "Musik" . .