eprintid: 54555 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/45/55 datestamp: 2022-10-27 02:16:39 lastmod: 2022-10-27 02:17:07 status_changed: 2022-10-27 02:16:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nuril Lailiyah, NIM.: 08210085 title: REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK ispublished: pub subjects: Media subjects: sb_Musik divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Analisis Semiotik, Model Roland Barthes, Lagu Opick note: Pembimbing: Dra. Hj. Anisah Indriati, M. Si abstract: Lagu religi Indonesia merupakan salah satu jenis musik yang sangat dirindukan kehadiranya oleh masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan bahasa Indonesia, masyarakat dengan mudah menerima pesan yang diusung dalam sebuah lagu bernafaskan nilai-nilai agama. Salah satu lagu religi yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia adalah Aunur Rofiq Lil Firdaus atau yang sering disapa Opick. Hingga saat ini Opick sudah merilis 8 albumnya. Dari sekian album tersebut banyak nilai-nilai agama Islam yang dikemas secara indah sehingga mampu menghipnotis orang-orang yang mendengarnya. Mulai dari nilai syukur, taubat, cinta kepada Allah dan RasulNya, serta cinta kepada sesama makhluk Allah. Penelitian ini mengambil analisis representasi taubat dalam “Ya Robbana” dalam album Istighfar, “Buka Mata Buka Hati” dalam album Semesta Bertasbih, “Taubat” dalam album Ya Rahman, “Tuhan Lindungilah” dalam album Cahaya Hati, “Dunia Tanpa Cinta-Nya” dalam album Shollu Ala Muhammad, “Rapuh” dalam album The Best Of Opick, dan “Bila Waktu Tlah Berakhir” dalam album Salam Ya Rasulullah Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data-data akan dianalisa menggunakan model Roland Barthes. Semiotika dipahami sebagai ilmu mengenai bentuk (form) dimana studi ini mengkaji signifikasi yang terpisah dari isinya(content). Semiotika tidak hanya meneliti mengenai signifier dan signified. Tetapi juga hubungan yang mengikat mereka, tanda yang berhubungan secara keseluruhan. Pertama, dengan mengidentifikasi tanda-tanda yang terdapat dalam masing-masing teks untuk mengetahui maknamakna yang dipresentasikan dalam lirik lagu tersebut, baik makna denotasi maupun makna konotasi. Tanda di sini menghubungkan objek untuk bias diidentifikasi, sehinnga satu tanda mengacu pada satu objek, atau satu tanda mengacu pada sekelompok objek yang telah ditentukan secara jelas. Lalu pada setiap lirik lagu akan dipisahkan signifier (penanda) dan signified (petanda), kemudian tanda-tanda itu akan diuraikan berdasarkan strukturnya agar bisa terbaca makna denotasi dan konotasi. Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa dalam setiap lirik lagu tersebut terdapat nilai taubat yang disampaikan kepada publik sehingga taubat dapat dimengerti dengan beberapa kata yang merujuk kepadanya. Setiap lagu tersebut terdapat pesan yang menyampaikan nilai taubat kepada publik, sehingga nilai taubat akan mudah dipahami. Lirik-lirik di atas berisikan pesan tersirat taubat an nasuha yang diawali dari penyesalan atas kesalahan yang dilakukan, berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang serupa, dan mengiringi kesalahan dengan kebaikan. date: 2013-06-18 date_type: published pages: 123 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nuril Lailiyah, NIM.: 08210085 (2013) REPRESENTASI TAUBAT DALAM LIRIK LAGU OPICK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54555/1/08210085%20_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54555/2/08210085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf