%0 Thesis %9 Skripsi %A ANIQA AHSANA HIDAYATI - NIM. 06470027 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ %D 2011 %F digilib:5456 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Motivasi Belajar %T UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SKI DI MAN YOGYAKARTA 1 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5456/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa dalam belajar SKI, untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar SKI dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar SKI di MAN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di MAN Yogyakarta I . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) siswa MAN Yogyakarta I mempunyai motivasi belajar dalam kategori sedang pada mata pelajaran SKI, terbukti 65,5% siswa kelas XI MAN Yogyakarta I menyatakan bahwa mata pelajaran SKI adalah mata pelajaran yang biasa saja. Terlihat sekali pada saat guru menjelaskan materi SKI siswa cukup memperhatikan, siswa cukup aktif di kelas pada saat pembelajaran dan siswa pun cukup antusias menjawab pertanyaaan yang diberikan oleh guru terkait dengan materi SKI yang diajarkan oleh guru.(2) upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar SKI adalah menjelaskan tujuan belajar kepeserta didik, membangkitkan minat siswa untuk belajar, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, memberikan tugas kepada siswa, menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan media pembelajaran pada saat belajar dikelas, memberikan quis kepada siswa, dan memberikan hukuman. Hasil upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar SKI adalah cukup baik hal ini terbukti dengan adanya perubahan sikap dan tingkah laku siswa ketika mengikuti pelajaran SKI, yang sebelumya siswa tidak menyukai pelajaran SKI, namun setelah mendapatkan dorongan dari guru, perhatian dari guru, pemberian penilaian dari guru, siswa menjadi lebih termotivasi dan semangat untuk belajar div %Z Pembimbing: Drs.Suismanto, M.Ag.