%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurlatifah, NIM.: 18106070050 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:54575 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K google sites, asam basa, inkuiri terbimbing, media pembelajaran %P 244 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI ASAM BASA BERBASIS GOOGLE SITES BERMUATAN INKUIRI TERBIMBING %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54575/ %X Media pembelajaran berbasis perkembangan teknologi di abad 21 sangat dibutuhkan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Google sites saat ini menjadi salah satu alternatif media yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar mandiri yang interaktif, mudah diakses, dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kualitas, dan respon peserta didik SMA/MA kelas XI MIPA terhadap media pembelajaran kimia materi asam basa berbasis google sites bermuatan inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan four D (4-D) oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yaitu terdiri atas tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate, namun dibatasi sampai tahap Develop. Produk yang dikembangkan mengikuti aspek kelayakan isi, inkuiri terbimbing, kelayakan penyajian, komponen kebahasaan, kegunaan, pengaturan dan desain. Kegiatan belajar dalam google sites ini bermuatan inkuiri terbimbing dengan menyajikan E-LKPD inkuiri terbimbing meliputi tahap orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Konten yang dimuat dalam google sites meliputi halaman beranda (home), capaian pembelajaran, materi pembelajaran, E-LKPD inkuiri terbimbing, simulasi praktikum, evaluasi pembelajaran, daftar pustaka, dan profil penyusun. Materi pembelajaran yang dimuat dalam google sites yaitu Larutan Asam dan Basa yang disertai peta konsep, teks, gambar, animasi, video, contoh soal, dan rangkuman. Media google sites dinilai kualitasnya oleh satu ahli materi, satu ahli media, lima reviewer (pendidik kimia SMA/MA), dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XI MIPA. Penilaian dilakukan menggunakan lembar angket skala 4, sedangkan respon peserta didik menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas oleh dosen ahli materi memperoleh persentase keidealan 95,83% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian kualitas oleh dosen ahli media mendapatkan persentase keidealan 92,5% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian kualitas dari reviewer memperoleh persentase keidealan 95,68% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan direspon positif oleh peserta didik dengan persentase keidealan 91% dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajatan kimia materi asam basa berbasis google sites bermuatan inkuiri terbimbing dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri peserta didik yang menarik, mudah diakses, dan tidak bergantung pada media lain. %Z Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, Ph.D.