TY - THES N1 - Pembimbing : Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd ID - digilib54578 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54578/ A1 - Aghnia Nafi?Audi Tabrany, NIM.: 18106080048 Y1 - 2022/08/03/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Flash card pada materi pokok Sistem Peredaran Darah untuk siswa kelas XI SMA/MA dan mengetahui kualitas media pembelajaran Flash card Sistem Peredaran Darah yang telah dikembangkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa SMA/MA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Developement (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develope, and Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket penilaian ahli media, angket penilaian ahli materi, angket penilaian guru dan peer reviewer, dan angket penilaian siswa. Kualitas media pembelajaran dinilai oleh reviewer (1 ahli media, 1 ahli materi, 4 peer reviewer dan 1 guru biologi). Uji coba terbatas dilakukan oleh 31 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Banguntapan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Berdasarkan hasil penelitian kualitas media pembelajaran Flash card Sistem Peredaran Darah masuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan hasil persentase ideal yang diperoleh dari ahli media 91,66%, ahli materi 91,42%, peer reviewer 95,19% dan guru biologi 86,92%. Sedangkan untuk respon siswa mendapatkan hasil persentase ideal 91,48% dalam kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flash card Sistem Peredaran Darah layak digunakan dalam pembelajaran biologi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - flash card KW - media pembelajaran KW - sistem peredaran darah M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK SISWA AV - restricted EP - 164 ER -