eprintid: 54584 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/45/84 datestamp: 2022-10-28 02:24:04 lastmod: 2022-10-28 02:24:04 status_changed: 2022-10-28 02:24:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Mawadhatul Asfah, NIM.: 18204090025 title: MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI AKREDITASI DI SD IT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN ispublished: pub subjects: manj_pend divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: Manajemen, Akreditasi, Mutu note: Pembimbing : Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si abstract: Akreditasi sekolah menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan sebagai bukti akuntabilitas terhadap publik. Akreditasi memberikan dampak pada mutu sekolah. Pencapaian hasil akreditasi berkaitan erat dengan manajemen sekolah dalam mempersiapkan proses akreditasi. SD IT Salsabila 3 Banguntapan merupakan sekolah yang mendapatkan hasil terbaik pada sekolah dasar se-yogyakarta dalam akreditasi tahun 2018, yakni terskreditasi A dengan total nilai 94. Tujuan dari peneltian ini yakni untuk mendeskripsikan dan mengetahui manajemen sekolah dalam menyiapkan akreditasi, ketercapaian 8 Standar Nasional Pendidikan/SNP melalui akreditasi, dan dampak akreditasi terhadap mutu sekolah di SD IT Salsabila 3 Banguntapan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yakni: mengumpulkan data, mereduksi data, hasil/penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan antara lain (1) Dalam mempersiapkan akreditasi sekolah, SD IT Salsabila 3 Banguntapan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen. Dalam pelaksanaan manajemen sekolah perlu adanya persamaan persepsi antar seluruh warga sekolah, dengan demikian penerapan sistem dan manajemen sekolah akan berjalan dengan baik dan menjadi budaya sekolah. (2) Strategi yang digunakan sekolah untuk kesuksesan akreditasi sekolah yakni dengan mengupayakan untuk mencapai standar pelayanan minimal dan/atau melampuainya. Faktor penghambat dalam proses penyiapan akreditasi yakni standar yang tidak dapat diupayakan dengan cepat, seperti standar sarana dan prasarana. Sedangkan faktor pendukungnya yakni kerjasama antar sekolah, asessor, dan stakeholder, dan seluruh sekolah-sekolah Salsabila yang terjalin baik. (3) Ketercapaian 8 Standar Nasional Pendidikan melalui akreditasi mendapatkan nilai yang baik dan memuaskan. Dalam penilaian mutu, sekolah belum pernah melaksanakan survei terhadap masyarakat dan warga sekolah secara langsung. Namun, dengan mendapatkan hasil akreditasi yang baik, hal ini memberikan dampak pada meningkatnya jumlah siswa yang minat mendaftar di SD IT Salsabila 3 Banguntapan, bertambahnya relasi dan kesempatan sekolah untuk mengikuti kegiatan dan melaksanakan program sekolah date: 2022-08-15 date_type: published pages: 158 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Mawadhatul Asfah, NIM.: 18204090025 (2022) MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI AKREDITASI DI SD IT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54584/1/18204090025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54584/2/18204090025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf