@mastersthesis{digilib54592, month = {August}, title = {ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA SISWA KELAS IVA SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18204080044 Dewi Sutilah}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. Hj. Siti Fatonah, S.Pd., M.Pd.}, keywords = {Faktor, Kesulitan Belajar Siswa, Menyelesaikan Soal, Pecahan Senilai, Solusi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54592/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika, kesulitan siswa dan solusi dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan senilai pada siswa kelas IVA SDIT Ukhuwah Islamiyah Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualittaif deskriptif analitik. Penelitian ini dilakukan pada kelas IVA SDIT Ukhuwah Islamiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan tes, peneliti melakukan validitas soal, untuk mengetahui tingkat kevalidan soal yang akan digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan senilai, sebagai berikut: a) motivasi belajar yang kurang, b) kurangnya kesiapan belajar, c) siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran, d) kemampuan mengingat siswa. 2. Analisis kesulitan dan solusi siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan senilai, sebagai berikut: a) kelemahan dalam menghitung, b) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, c) pemahaman bahasa matematika yang kurang, d) kesulitan dalam persepsi visual, untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut maka diperlukan solusi, yakni: (a) setiap hari ketika mulai pembelajaran guru hendaknya mengingatkan tentang materi perhitungan, yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, (b) mewujudkan suasana pembelajaran yang sesuai dengan materi dan menyenangkan, (c) sebagai guru sebaiknya menggunakan strategi dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi untuk mempermudah siswa menguasai materi tersebut, (d) mengadakan jam pelajaran khusus untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar, (e) mengadakan komunikasi yang baik dengan orang tua siswa, untuk mengontrol belajar siswa ketika berada di lingkungan keluarga (rumah).} }