<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19"^^ . "Berdasarkan hasil observasi serta wawancara yang dilakukan peneliti mengenai\r\nkemandirian menunjukkan beberapa masalah yaitu perbedaan pola asuh dan membesarkan sang\r\nbuah hati bervariasi antara orang tua satu dengan lainnya, maka dari itu adanya perbedaan karakter\r\nkhas kemandirian pada anak. Era sekarang sering ditemui masalah kemandirian, kini anak-anak\r\nsering terbiasa bermain gadget atau ponsel yang bisa membuat anak menjadi malas. Akan tetapi\r\nterkadang masalah kemandirian anak muncul dari orang tua itu sendiri, orang tua tetap\r\nmemanjakan anak yang pada kenyataannya anak bisa melakukannya sendiri, seringkali anak masih\r\ndiawasi dan dibatasi sehingga membuat anak bergantung pada orang tua. Selain itu, anak\r\ncenderung bergantung pada orang lain dimana orang tua ataupun keluarga melayani untuk\r\nmembuat tugas-tugas yang diberikan oleh guru dari sekolah. Salah satu karakter yang cukup\r\npenting dan perlu ditanamkan pada anak ialah karakter mandiri. Pentingnya kemandirian bagi anak\r\ndapat dilihat dalam situasi kompleksitas kehidupan saat ini, yang secara langsung atau tidak\r\nlangsung mempengaruhi kehidupan di masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmendeskripsikan pola pembiasaan karakter mandiri pada peserta didik kelas VI di SDIT Taruna\r\nAl-Qur‟an Yogyakarta selama masa Covid-19.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian mix methods dengan desain penelitian\r\nsequential exploratory. Subjek dalam penelitian ini ialah kepala sekolah yang berjumlah 1 orang,\r\nwali kelas VI yang berjumlah 2 orang, orang tua kelas VI yang jumlah 33 orang, dan peserta didik\r\ndi kelas VI yang berjumlah 33 orang peserta didik yang tersebar ke dalam dua kelas dengan\r\nrincian 14 orang putri dan 19 orang putra di SDIT Taruna Al-Qur‟an Yogyakarta tahun ajaran\r\n2021/2022. Pada penelitian ini untuk teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode\r\nobservasi, metode wawancara, metode angket, dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik\r\nanalisis data dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu pertama analisis data kuantitatif menggunakan\r\nprogram microsof excel version 2019 sedangkan kedua analisis data kualitatif dengan\r\nmenggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan\r\nkesimpulan atau verifikasi. Adapun untuk teknik pengecekan keabsahan data pada penelitian ini\r\ndengan menggunakan cara triangulasi teknik.\r\nHasil penelitian ini untuk pola pembiasaan karakter mandiri pada peserta didik di SDIT\r\nTaruna Al-Qur‟an Yogyakarta selama masa Covid-19 menunjukkan sebagai berikut: Ada tiga\r\ncontoh aktivitas pembiasaan karakter mandiri pada peserta didik selama masa Covid-19, yaitu:\r\nPertama, contoh karakter mandiri dalam aktivitas belajar termasuk jenis aspek kemandirian\r\nintelektual. Kedua, contoh karakter mandiri dalam aktivitas sehari-hari di rumah termasuk jenis\r\naspek kemandirian intelektual dan spiritual dengan persentase sebesar 50,81% yang tergolong\r\n“Cukup Baik”. Ketiga, contoh karakter mandiri dalam aktivitas di sekolah termasuk jenis aspek\r\nkemandirian sosial dan intelektual dengan persentase sebesar 62,83% yang tergolong “Cukup\r\nBaik”. Adapun pola pembiasaan karakter mandiri pada peserta didik selama masa Covid-19 yaitu\r\ndengan cara mencontohkan, membiasakan tanggung jawab, membuat jadwal atau list harian,\r\nmengingatkan, menjelaskan, menasehati, mendisiplinkan, membebaskan, serta reward dan\r\npunisment. Sedangkan faktor-faktor pola pembiasaan karakter mandiri pada peserta didik selama\r\nmasa Covid-19, yaitu: Pertama, faktor pendukungnya terdiri dari intelegensi, usia, lingkungan,\r\npola asuh, dan status sosial ekonomi. Kedua, faktor penghambatnya terdiri dari perkembangan\r\niptek, sifat malas anak, kurangnya kesadaran, lingkungan, kurang kosisten, kesibukan orang tua,\r\nsikap memanjakan anak, dan keluarga."^^ . "2022-07-05" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 19204080018"^^ . "Mizaniya"^^ . "NIM.: 19204080018 Mizaniya"^^ . . . . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19 (Text)"^^ . . . . . "19204080018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19 (Text)"^^ . . . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19 (Other)"^^ . . . . . . "POLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK\r\nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA\r\nSELAMA MASA COVID-19 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #54602 \n\nPOLA PEMBIASAAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK \nDI SDIT TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA \nSELAMA MASA COVID-19\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .