eprintid: 54616 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/46/16 datestamp: 2022-11-02 02:06:28 lastmod: 2022-11-02 02:06:28 status_changed: 2022-11-02 02:06:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Asrin Nasution, NIM.: 20204081021 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA SISWA KELAS VI DI MI MODEL PANYABUNGAN ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Project based learning, Kreativitas dan Hasil Belajar note: Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd abstract: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian penelitian quasi-experimental dengan desain penelitian non equevalent control group. Instrumen pengumpulan data yang digunakan tes, dan angket . Instrumen angket untuk mengukur kreativitas siswa dan instrumen tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji MANOVA terdapat perbedaan secara simultan model pembelajaran Project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa, dengan menunujukkan nilai Sig. 0,00 ˂ 0.05 pada kreativitas dan 0, 00 ˂ 0.05 pada hasil belajar. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa nilai rata-rata sebelum diterapkan model Langsung pada kelas kontrol sebesar 58,83 dan nilai rata-rata sesudah diterapkan model Langsung sebesar 73,33. Sedangkan nilai rata-rata sebelum diterapkan model Project based learning pada kelas eksperimen sebesar 65,83 dan nilai rata-rata sesudah di terapkan model Project based learning sebesar 85,83. Dengan hasil kreativitas siswa pada kelas kontrol sebesar 29,43 dan nilai rata-rata sesudah diterapkan langsung 57,33. Sedangkan nilai rata-rata sebelum diterapkan model Project based learning pada kelas eksperimen sebesar 39,87 dan nilai rata-rata sesudah di terapkan model Project based learning sebesar 73,60. date: 2022-05-27 date_type: published pages: 196 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Asrin Nasution, NIM.: 20204081021 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA SISWA KELAS VI DI MI MODEL PANYABUNGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54616/1/20204081021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54616/2/20204081021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf